Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan sebagai perguruan tinggi vokasi terus melakukan program pengabdian kepada masyarakat, diantaranya membantu memajukan perdagangan elektronik di sektor koperasi.
 
Disampaikan Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Poliban Rahimi Fitri di Banjarmasin, Senin, salah satu koperasi yang dibantu untuk memajukan perdagangan elektronik atau penggunaan E-Commerce tersebut adalah Koperasi Dangsanak Kriya Katupat.

Tim PKM Poliban yang terdiri dari Rahimi Fitri, Abdul Rozaq serta  Direktur Poliban Joni Riadi menggelar pelatihan dan workshop kepada pengelola koperasi yang beralamat di jalan Sungai Baru Kota Banjarmasin tersebut dengan tema "Pelatihan penggunaan website E-Commerce pengelolaan Koperasi Dangsanak Kriya Katupat".
 
Selain itu juga dibarengi workshop Ecoprint bersama Darma Wanita Persatuan (DWP) Politeknik Negeri Banjarmasin.
 
Menurut dia, kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan komunitas lokal melalui teknologi dan praktik kerajinan yang berkelanjutan.
 
Rahimi menekankan pentingnya mengintegrasikan solusi e-commerce untuk meningkatkan operasi bisnis koperasi dan menjangkau pasar yang lebih luas serta menyoroti upaya kolaboratif antara institusi akademik dan koperasi.
 
Sementara itu, Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) Poliban Lina Herlina mengucapkan terima kasih atas inisiatif dan kesempatan yang diberikan tersebut dan potensi manfaat yang dibawa bagi komunitas lokal.
 
"Ini juga memberikan pengalaman dan ilmu baru bagi kami anggota DWP Poliban," ujarnya.
 
Presentasi tentang sistem E-Commerce produk Koperasi Pemasaran Dangsanak Kriya Katupat untuk pengelolaan penjualan produk koperasi disampaikan oleh anggota Tim Pengabdian kepada Masyarakat Poliban, Muhammad Rizky Firdaus dan Arya Indra Pratama.
 
Presentasi mereka tersebut mencakup fitur-fitur dari platform E-Commerce, menunjukkan bagaimana platform tersebut dapat membantu mengelola penjualan, mengelola inventaris, dan menjangkau audiens yang lebih luas secara online.
 
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mencerminkan komitmen Poliban untuk memberdayakan komunitas lokal melalui pendidikan, teknologi dan praktik berkelanjutan. 
 
Ini juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara institusi akademik, koperasi dan komunitas lokal dalam mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi.
 
Ketua Koperasi Pemasaran Dangsanak Kriya Katupat Kalsel Elisa R. Suryana menegaskan komitmen koperasi terhadap praktik berkelanjutan dan pendekatan inovatif dalam produksi kerajinan mereka.
 
Koperasi Dangsanak Kriya Katupat banyak bergerak pada produk kerajinan kain sasirangan dan kuliner.
 
Karenanya, pada kegiatan itu juga diundang pemilik Lia Sasirangan_Banjarmasin, yakni Dian Lia yang memberikan pelatihan proses ecoprinting, menunjukkan bagaimana pewarna alami dan daun dapat digunakan untuk menciptakan pola indah pada kain.
Tim PKM Poliban dan DWP Poliban saat melaksanakan pelatihan dan workshop terkait e-commerce di Koperasi Kriya Dangsanak Ketupat Banjarmasin beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Poliban)

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024