Dinas Sosial Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menyasar warga kurang mampu di Desa Salikung dan Desa Sungai Kumap Kecamatan Muara Uyaa untuk program   rumah tidak layak huni (Rutilahu) dari dana APBD Kabupaten Tabalong 2024.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabalong Rusmadi mengatakan bantuan rehab dan bangun baru rumah masing-masing enam  buah di Desa  Salikung dan empat rumah di Desa Sungai Kumap.

Baca juga: TMMD ke-121, Rutilahu sasar tiga rumah warga Desa Kasiau Raya

"Selain rehab sebagian warga penerima program Rutilahu juga mendapat bantuan bangun rumah baru," jelas Rusmadi di Tabalong Senin.

 Dengan rincian untuk Desa Salikung mencakup dua rumah bangun baru dan rehab 4 buah.

Di Desa Sungai Kumap kegiatan bangun baru sebanyak tiga rumah dan rehab satu buah.

Untuk program Rutilahu Dinsos Tabalong  mengalokasikan dana sebesar Rp4,4 miliar   dengan sasaran 202 keluarga penerima manfaat.

Mencakup  bantuan rehab sebanyak 121 rumah dan pembangunan baru 81 buah.

Bantuan bagi keluarga penerima manfaat untuk  pembangunan rumah baru sebesar Rp 25 juta dan rehab  bervariasi  sesuai kebutuhan dengan alokasi maksimal Rp 20 juta.

Baca juga: Dua warga Kelurahan Hikun Tabalong terima bantuan rutilahu

Penjabat Bupati Tabalong Hamida Munawarah mengatakan program Rutilahu yang diinisiasi Dinas Sosial dan Dinas Perkimtan setempat menyasar para keluarga miskin dan miskin ekstrim.

"Kita berharap tidak ada lagi warga Tabalong yang memiliki rumah tidak layak huni dan bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya," ungkap Hamida.
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024