Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Selatan bersama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) sepakat memberantas peredaran narkoba terutama di Lapas maupun Rutan di Kalimantan Selatan.

Hal itu disampaikan, saat kunjungan kerja Kepala BNNP Kalsel yang baru dilantik, Kombes Polisi Marsauli Siregar didampingi Kepala Bidang Rehabilitasi Dr Sandra Munthy, ke Kanwil Kemenkumhan, Senin.

Kunjungan tersebut, diterima Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Imam Suyudi bersama Kepala Divisi Administrasi, Kemas HZ Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Unan Pribadi dan Kabid Kamkeswat Lola Basan dan Baran.

"Maksud kedatangan saya kesini, sebagai perkenalan diri dan untuk membahas kerjasama mengenai pemberantasan nakoba di Kalsel, khususnya di Lapas dan Rutan, yang selama ini sudah berjalan baik," kata Marsauli yang pernah menjabat Penyedik Utama Bareskrim Polri.

Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Imam Suyudi mengatakan, pihaknya akan selalu mendukung pemberantasan narkoba di Kalsel, terutama di Lapas dengan meningkatkan sistem pengamanan dan fasilitas lainnya, untuk memperketat masuknya barang haram tersebut ke Lapas.

Saat ini, tambah dia, Lapas Banjarbaru, Lapas Karang Intan dan Lapas Kotabaru, telah menjadi pusat rehabilitasi bagi pecandu nerkoba, dan pelaksanaan operasionalnya bekerja sama dengan BNNP Kalsel.

Kepala Divisi Administrasi, Kemas HZ mengatakan, dukungan koordinasi yang selama ini telah terjalin, diharapkan berdampak baik untuk perbaikan di kedua organisasi dan bisa tercapai Indonesia bebas narkoba.

Selama 2016 sebanyak 200 orang telah mengikuti program rehabilitasi, yang terdiri dari 46 orang di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Narkotika Karang Intan, sebanyak 40 orang di Lembaga Pemasayarakatan Kelas IIB Kotabaru dan 114 orang di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banjarbaru.

Sedangkan 2015, sebanyak 287 orang yang terdiri dari 126 orang di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Narkotika Karang Intan dan 61 orang di Lembaga Pemasayarakatan Kelas IIB Kotabaru, juga telah mengikuti rehabilitasi.

Sebelumnya, Kamis (5/1) dilaksanaakan serah terima jabatan Kepala BNNP lama kepada BNNP baru di Graha Abdi Persada Kalsel.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017