Ratusan pelaku UMKM di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mengikuti sosialisasi dan pembekalan lomba ide bisnis dan inovasi UMKM yang diinisiasi PT Adaro Indonesia.

CSR Adaro Bidang Ekonomi PT Adaro Indonesia Arief Munadi mengatakan kegiatan ini digelar untuk menggali potensi serta memacu inovasi dalam dunia usaha kecil dan menengah (UMKM).

Baca juga: Ketua Dekranasda Banjarbaru motivasi pelaku UMKM kembangkan usaha

“Banyak UMKM tidak berkembang  karena kurangnya inovasi karena itu kami ingin mendorong UMKM di Tabalong lebih inovatif dan kompetitif," jelas Arief di Tabalong, Rabu.

Melalui Adaro Spectapreneur 2024 dengan tagline "Siap Berinovasi dan Berkolaborasi,” menjadi  inisiatif Adaro   meningkatkan produktivitas dan keuntungan UMKM melalui lomba yang mempertemukan ide dan inovasi bisnis.

 Nantinya, pelaku UMKM diundang untuk mempresentasikan ide bisnis dan model inovasi mereka dalam dua kategori utama yakni  Ide Bisnis dan Bisnis Eksis pada tanggal  26 sampai 28 Agustus 2024.

Arief menambahkan kategori pertama yakni  Ide Bisnis ditujukan bagi pelaku usaha  yang memiliki gagasan segar tetapi belum menjalankan usaha secara aktif atau baru berjalan kurang dari satu tahun.

 Sementara itu, kategori Bisnis Eksis  untuk mereka yang telah menjalankan usaha minimal satu tahun dan ingin mengembangkan inovasi lebih lanjut. 

Dengan semangat memacu kreativitas, peserta lomba ditantang  mempresentasikan ide dan model bisnis yang diharapkan tidak hanya memikat dari segi produk tetapi juga dalam metode penjualan dan jasa yang ditawarkan. 

"Adaro Spectapreneur 2024 menawarkan kesempatan  bagi  pemenang untuk mendapatkan bantuan permodalan serta pendampingan dari Adaro dan PLUT Tabalong," tambah Arief.

Baca juga: Rahmat Hidayat sukses kembangkan aneka olahan ikan lokal

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024