Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur meminta ribuan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat menjalankan tugas mengamankan pemilihan kepala daerah di kabupaten setempat.
 
"Kami minta ribuan anggota Satuan Linmas menjalankan tugas dengan baik dalam mengamankan pilkada sehingga terwujud keamanan dan ketenangan masyarakat," ujarnya di Martapura, Rabu.
 
Pernyataan itu disampaikan bupati usai memimpin apel gelar pasukan personel Satlinmas desa/kelurahan se-Kabupaten Banjar diprakarsai Satpol PP Banjar di Alun-Alun Ratu Zalecha Martapura.
 
Menurut Saidi, anggota Satlinmas merupakan garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya menciptakan suasana yang aman dan kondusif selama pelaksanaan pilkada.
 
"Tugas anggota Satlinmas bukan hanya sebatas menjaga keamanan fisik tetapi juga ikut serta memberi pemahaman kepada masyarakat pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," ucapnya.
 
Saidi menyebutkan, peran penting Satlinmas yakni menjaga netralitas, bersikap profesionalitas, koordinasi dan solidaritas sehingga terwujud pilkada yang berjalan dengan aman, tertib dan kondusif.
 
"Kami berharap, melalui peran aktif anggota Satlinmas dapat terwujud kamtibmas dalam pilkada serentak 2024 yang digelar 27 November 2024 pada 20 kecamatan dan 290 desa/kelurahan," ungkapnya.
 
Kepala Satpol PP Banjar Irwan Kumar mengatakan, tujuan apel gelar pasukan untuk menunjukan kesiapan anggota Satlinmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban menjelang pilkada mendatang.
 
"Anggota Satlinmas yang bertugas di setiap desa dan kelurahan sebanyak 10 orang sehingga jumlah secara keseluruhan 2.959 orang bertugas mengamankan pilkada bersama aparat keamanan," katanya.
 


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024