Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan meraih Inovasi Administrasi Negara (Inagara) Award dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI kategori tahap Deliver launching ide inovasi.
 
Plt Kepala LAN RI Muhammad Taufik menyerahkan penghargaan kepada Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsyi pada puncak peringatan HUT ke-67 LAN RI di Aula Profesor Agus Dwiyanto, Jakarta Pusat, Selasa.

Baca juga: Pemkab Banjar kompetisikan "Intan Banjar" pacu ASN ciptakan terobosan
 
"Alhamdulillah, Pemkab Banjar kembali mendapat penghargaan pada bidang inovasi tahun ini," ujar Said Idrus saat dikonfirmasi di Martapura, Kabupaten Banjar, Selasa.
 
Penghargaan tertinggi LAN RI itu sebagai bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah yang dinilai memiliki komitmen tinggi untuk pengembangan inovasi daerah secara berkelanjutan.
 
Diketahui, Pemkab Banjar telah melaksanakan laboratorium inovasi melalui pendampingan yang diberikan oleh LAN kepada instansi/mitra untuk menghasilkan inovasi Co-Creation sejak 2017.
 
Inovasi itu melalui lima tahap yang dikenal sebagai 5 D +1 D, yakni tahapan Drumpup, Diagnose, Design, Deliver, Display dan Documentation, sedangkan Pemkab Banjar sudah pada tahap Deliver.
 
Sebelumnya, Pemkab Banjar juga menerima anugerah Inagara Award kategori pemerintah daerah yang berkomitmen tinggi terhadap pengelolaan inovasi negara pada 2017.

Baca juga: Pemkab Banjar dukung inovasi program dan kegiatan LPTQ
 
"Kami berharap inovasi yang dalam tahapan launching and delivery bisa terus berlanjut ke tahapan display and documentation juga semakin banyak inovasi daerah yang dihasilkan," kata dia.
 
Plt Kepala LAN RI Muhammad Taufik menyebutkan 117 kabupaten/kota telah menghasilkan 12.236 inovasi dan 404 inovasi yang sedang berjalan sejak empat tahun terakhir.
 
"Inovasi tersebut mampu mengatasi keterbatasan, berbagai ketimpangan yang ada di daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar yang diharapkan selalu muncul terobosan baru," ucap Taufik.
 
Selain Pemkab Banjar, ada empat pemerintah daerah meraih anugerah yang sama, yakni Pemkab Pemalang kategori Tahap Display lnovasi, dan Pemkab Lembata kategori Tahap Deliver Launching lde lnovasi.
 
Kemudian, Pemkab Donggala kategori Tahap Deliver Launching lde lnovasi serta Pemkab Sorong Kategori Laboratorium lnovasi Terintegrasi dengan Workshop Champion of lnnovation.
 
Baca juga: Pemkab Banjar terima penghargaan dari Kemenkumham RI

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024