Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Jumlah penumpang yang menggunakan sarana transportasi udara melalui Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, selama natal 2016 mengalami penurunan dibanding tahun lalu.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara Syamsudin Noor Handy Heryudhitiawan di Banjarbaru, Rabu, mengakui terjadinya penurunan jumlah penumpang di bandara setempat.

"Menjelang natal tahun ini hingga hari H jumlah penumpang yang berangkat maupun datang lebih sedikit dibanding tahun lalu sehingga secara kumulatif terjadi penurunan," ujarnya.

Disebutkan, data yang dihimpun dari posko terpadu natal dan tahun baru yang disiapkan Angkasa Pura, sejak tanggal 18-27 Desember 2016 terjadi penurunan jumlah penumpang.

Dirincikan, jumlah penumpang yang datang dan berangkat sebanyak 110.611 orang atau turun sebesar 6,2 persen dari tahun 2015 yang jumlahnya mencapai 117.917 orang.

"Penumpang datang dan berangkat terbanyak terjadi pada 27 Desember seperti tahun lalu yakni sebanyak 10.064 orang dan jumlah pesawat juga menurun 12,61 persen," sebutnya.

Menurut dia, beberapa faktor menjadi penyebab turunnya jumlah penumpang angkutan udara yang dipengaruhi kondisi ekonomi daerah baik bisnis, wisata dan perjalanan keluarga.

Disisi lain, ada fenomena yg terjadi di Banjarmasin yakni masa liburan (peak season) terjadi penurunan dibandingkan tahun 2015. Namun penumpang harian peak season diatas rata-rata harian.

"Awal 2016 sebenarnya trend positif atau cukup baik dengan penumpang naik dikisaran 9 persen jika dibanding 2015 dan kami optimistis terjadi kenaikkan hingga akhir tahun," kata dia.

Dikatakan, pihaknya memberikan pelayanan terhadap pengguna jasa, khususnya mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang menghadapai Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

"Kami mempersiapkan layanan posko terpadu natal dan tahun baru yang dapat diakses pengguna jasa dan masyarakat melalui telepon sejak 18 Desember 2016 hingga 7 Januari 2017," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016