Balangan, (Antaranews Kalsel) -  Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikulktura Peternakan dan Perikanan (PTPHPP) Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar Tanam Awal dan Pencanangan Pengendalian Organisme Penggangu Tanaman Pra Tanam, Rabu (28/12) di DesaTimbun Tulang, Kecamatan Batumandi.

Kepala Dinas PTPHPP Balangan, Ir Tuhalus menyampaikan, Di tahun 2016 ini, Kecamatan Batumandi telah mencapai penanaman padi sekitar 25 persen lahan petanian .

"Kecamatan batumandi ini turut serta membantu tanam dicapaian tanam dari 13,282 tanam padi di Kabupaten Balangan," ujar Tuhalus.

Dikatakan, luasan lahan petanian Kabupaten Balangan, hingga saat ini mencapai 32.000 Hektar ( Ha ), dengan bibit padi unggul bantuan Kementrian RI ditargetkan untuk 22.000 hektar , dan sisanya 10.000 Hektar akan ditanam bibit padi lokal.

"Tahun 2017 nanti kita kembali akan mendapatkan bantuan dari Kementerian Pertanian RI, meliputi benih padi untuk tanam  di 22.000  hektar lahan pertanian, bibit jagung 2000 hektar,  dan bibit kedelai 3500 ribu butir," terangnya.

Bibit bantuan kementerian tersebut, lanjut Tulahus, nantinya akan dibagikan kepada kelompok tani di delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan, yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kelompok tani.

Ditambahkannya, Selain, bantuan bibit Balangan juga akan mendapat mesin peralatan pertanian seperi Mesin Combine, Handy Traktor dan alat pompa.

Diharapkannya, dengan tambahan bantuan dari pemerintah pusat ini, tahun 2017 nanti produktivitas pertanian akan lebih meningkatkan dan memperoleh hasil panen dalam kurun waktu per tiga bulan.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016