Barabai, (Antaranews Kalsel) - Kepala Kanwil Kemanang Provinsi Kalsel, Drs Noor Fahmi mengatakan,  anggota kafilah yang meraih juara pertama pada MTQ XXIX  akan segera mengikuti pemusatan persiapan pelatihan STQ Nasional Juni 2017 di Kalimantan Utara.

Menurut Fahmi, pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi di Barabai, berjalan cukup bagus, dengan menghasilkan pemenang-pemenang yang cukup handal, selanjtunya para juara akan mengikuti pelatihan untuk mendalami ilmu Alquran di Kaltara.

Sebelumnya, gelaran  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ke XXIX 2016 yang dilaksanakan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), ditutup Kamis (22/12) malam tadi. Kafilah tuan rumah, Hulu Sungai Tengah, keluar sebagai juara umum dengan perolehan 72 poin.

Bupati HST, H Abdul Latif  mengatakan, pelaksanaan M TQ telah mampu meningkatkan  semangat masyarakat untuk terus memelihara kebersamaan, jalinan silaturhami, serta motivasi untuk terus mempelajari, mendalami, dan mengamalkan isi kandungan Alqur'an.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten HST, H Muhammad Yamani selaku Pimpinan Kafilah HST, mengaku sangat bangga atas keberhasilan kafilahnya.

"Suatu keberhasilan yang didapat atas kerja keras selama ini. Dan kami kira wajar, sebab sebagai tuan rumah, kami sudah melakukan persiapan sejak dini," ungkapnya.

Sekadar informasi, dari 13 Kabupaten/ Kota di Kalsel, posisi Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang meraih juara umum, disusul Kota Banjarmasin (66 Poin), Kabupaten Banjar(52 poin) dan Kota Banjarbaru (27 poin).

Setelah itu Kabupaten Tabalong (22 poin), Hulu Sungai Utara (19 poin), Hulu Sungai Selatan (16 poin), Barito Kuala (16 poin), dan Tanah Laut (15 poin). Kemudian Kotabaru (9 poin), Tapin (8 poin), Balangan (7 poin), dan Kabupaten Tanah Bumbu yang mengantongi 1 poin.

Pewarta: M Taufik Rakhman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016