Penjabat Bupati Hulu Sungai Selatan (Pj Bupati HSS) Hermansyah melepas kafilah untuk mengikuti Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) XII Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Hermansyah menyerahkan bendera secara simbolis kepada Ketua Kafilah sebagai tanda melepas kafilah di Kantor Bupati HSS.

"Kami berharap anak-anakku para peserta sekalian bisa memberikan yang terbaik untuk HSS," kata Hermansyah di Kandangan, Kamis.

Baca juga: Ratusan siswa SD dan SMP di HSS terima bantuan pendidikan

Dijelaskan dia, para peserta harus bangga menjadi wakil daerah untuk berlaga pada kegiatan ini dan jangan gentar dengan menanamkan semangat Waja Sampai Ka Puting untuk bersaing dengan daerah.

Ia  juga mengingatkan kegiatan ini sangat penting untuk Provinsi Kalsel karena menjadi seleksi ke tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Batam pada Oktober mendatang.

Selama gelaran FASI sebelumnya, Kalsel sudah tiga kali menjadi juara umum se-Indonesia, sehingga perlu bibit unggul tambahan untuk mempertahankan.

Ketua Kafilah Kabupaten HSS Fajar Abdi melaporkan para kafilah yang dikirim berjumlah 93 orang terdiri dari 50 orang peserta dan 43 orang pelatih dan ofisial.

"Untuk rincian asal peserta terdiri dari 18 orang TKA, 16 orang TPA, dan 16 orang TQA," ungkap Fajar.

Adapun cabang lomba yang akan diikuti, yakni Tartil, Tilawah, Tahfiz Juz Amma', peragaan sholat, Azan dan Iqamah, ikrar.

Baca juga: Pj Bupati HSS hibahkan mobil untuk operasional Ponpes Babussalam

Kemudian, puisi terjemah Al-Quran, Nasyid, mewarnai, kaligrafi, syarhil, kisah Islami, cerdas cermat dan ceramah agama.

Tempat penyelenggaraan FASI XII Kalsel Tahun 2024 sendiri yang semula dijadwalkan di Batu Licin, Kabupaten Tanah Bumbu, berubah menjadi ke Wisata Kiram Park, Banjarbaru dan akan berlangsung pada 26-28 Juli 2024.

Pemberangkatan Kafillah HSS dilakukan dengan menggunakan dua buah bus sekolah milik Dinas Perhubungan HSS menuju pemondokan peserta bertempat di Villa Aranaway, Kabupaten Banjar.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024