Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Sjamsudin Noor Banjarmasin di Kalimantan Selatan membagikan sebanyak 25 kaki palsu kepada masyarakat berkebutuhan khusus dalam rangkaian menyambut Hari Bakti Ke-77 TNI AU pada 2024.   

"Pembagian kaki palsu ini menjadi bagian dari bakti sosial dan bakti kesehatan yang dipusatkan di Rumah Sakit TNI AU Lanud Sjamsudin Noor," kata Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Sri Raharjo di Banjarbaru, Selasa.

Baca juga: 248 pemanah ikuti Danlanud Sjamsudin Noor Archery Cup 2024

Selain kaki palsu, juga dibagikan puluhan kacamata plus minus serta layanan kesehatan gratis seperti pengobatan kesehatan umum dan gigi, pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan USG 40, papsmear, pelayanan KB (pil, suntik, IUD, MOW/MOP dan implan).  

Ratusan masyarakat yang datang juga menerima paket sembako yang dibagikan sembari menunggu antrean untuk cek kesehatan.   

Sementara para prajurit Lanud Sjamsudin Noor melaksanakan donor darah untuk disumbangkan bagi kebutuhan stok darah PMI Kota Banjarbaru dan juga Rumah Sakit TNI AU Lanud Sjamsudin Noor sendiri.

Danlanud menyatakan kegiatan tersebut sebagai wujud dan upaya peningkatan kedekatan TNI AU dengan masyarakat yang berada di sekitar Pangkalan TNI AU Sjamsudin Noor.

Baca juga: Kebakaran VIP Pemda di Lanud Sjamsudin Noor tak ganggu penerbangan

"Tentunya kita membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang pada akhirnya dapat mendorong peningkatan ekonomi daerah secara keseluruhan," jelasnya.

Deputi Bidang Advokasi Penggerak dan Informasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI Sukaryo Teguh Santoso mengapresiasi atas aksi nyata kepedulian Lanud Sjamsudin Noor terhadap masyarakat sekitar.

"Apalagi ada layanan KB yang menjadi program strategis BKKBN, tentunya ini sangat diperlukan masyarakat dalam rangka mendorong kesejahteraan keluarga," katanya yang hadir mewakili Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo.

Baca juga: Hercules bawa 17 koli bantuan Lanud Sjamsudin Noor bagi korban Semeru

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024