PT Angkasa Pura (AP) I yang mengelola Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan menyatakan kebakaran yang melanda bangunan Gedung Very Important Person (VIP) milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Sjamsudin Noor, tidak mengganggu jadwal penerbangan.

"Operasional penerbangan dan tetap berjalan normal seperti biasa," kata Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor saat dikonfirmasi di Banjarbaru, Sabtu.

Baca juga: Dua orang tewas akibat kebakaran rumah di Belitung Utara Banjarmasin

Iwan menegaskan bangunan yang terbakar itu bukan aset milik PT Angkasa Pura I yang mengelola Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Namun, Iwan menuturkan kebakaran melanda Gedung Very Important Person (VIP) milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Sjamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru pada Sabtu subuh.

"Titik api terjadi di VIP Pemda (Rumah Banjar) yang bukan merupakan bangunan Angkasa Pura 1, melainkan berada pada lahan milik Lanud Sjamsudin Noor," kata Iwan.

Dijelaskan Iwan, pihak PT AP 1 menerima laporan kebakaran di dekat fasilitas bandar udara dari petugas Patroli Avsec (Aviation Security) pada pukul 04.44 Wita.

Baca juga: Bupati HST salurkan bantuan korban kebakaran rumah

Selanjutnya, tim ARFF (Airport Rescue & Fire Fighting) mengoperasikan pemadaman terkait "call service" untuk membantu pemadaman di dekat fasilitas bandar udara tersebut.

Terkait insiden itu, pihak Lanud Sjamsudin Noor maupun kepolisian belum menyampaikan keterangan resmi.

Diketahui, Gedung VIP Lanud Sjamsudin Noor selama ini dijadikan tempat menyambut kedatangan tamu penting atau pejabat tinggi yang mendarat di Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Aktivitas di bangunan berbentuk rumah adat suku Banjar "Bubungan tinggi" ini cukup sibuk terutama ketika kedatangan orang penting ke Kalimantan Selatan atau "Bumi Lambung Mangkurat".

Baca juga: Kalsel kemarin, Polres Tabalong usut kebakaran belasan rumah hingga Pelaku sajam di HSS diamankan
 

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023