Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan H Ibnu Sina mencanangkan pekan imunisasi nasional (PIN) polio 2024 dengan target 89.471 anak.
 
"Kita minta semua orang tua mendukung program ini," ujar Ibnu Sina saat melaksanakan pencanangan tersebut Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan, Selasa.

Baca juga: Anak Banjarmasin Diberikan Tambahan Vitamin A Gratis
 
Ibnu Sina menyampaikan pencanangan pekan imunisasi nasional di Banjarmasin hingga 29 Juli 2024 dengan memberikan imunisasi anak dari usia 0-7 tahun.
 
Menurut dia, data yang menjadi sasaran anak untuk imunisasi polio di kota ini sebanyak 89.471 anak pada lima kecamatan atau di 52 kelurahan di kota ini.
 
"Kita akan evaluasi karena target sangat besar sekali. Diharapkan seluruh pihak, bukan hanya puskesmas, dipersilakan datang ke pos-pos pekan imunisasi nasional lainnya yang tersebar di kecamatan dan kelurahan," ujarnya. 
 
Ibnu Sina menekankan imunisasi polio sangat penting untuk mencegah penyakit polio yang dikenal dengan istilah "lumpuh layu".

Baca juga: Dinkes "Sweeping" Balita
 
Dia berharap semua pihak mendukung upaya ini, termasuk alim ulama, tokoh masyarakat, majelis pengajian dan sekolah-sekolah.
 
"Mudah-mudahan target bisa tercapai, minimal 95 persen untuk Kota Banjarmasin," ujarnya.
 
Dijadwalkan, imunisasi dosis pertama polio diberikan kepada anak mulai 23-29 Juli 2024. 
 
Bagi anak yang belum mendapatkan dosis pertama akan dilakukan sweeping mulai 30 Juli hingga 3 Agustus 2024.
 
Kemudian untuk imunisasi polio dosis ke-2 dilaksanakan pada 6-12 Agustus 2024. Adapun sweeping sasaran bagi yang belum mendapatkan dosis ke-2 pada 13-17 Agustus 2024.

Baca juga: Ribuan tenaga kesehatan di Banjarmasin divaksin Hepatitis B

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024