PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) membangun jaringan listrik sirkuit Saluran Udara Tegangan Rendah (SUTR) sepanjang 200 meter guna meningkatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Gambah Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Sebelumnya, Puskesmas tersebut telah melakukan permohonan penambahan daya listrik dari 4.400 Volt Ampere (VA) ke 10.600 VA, agar pelayanan kesehatan lebih maksimal kepada masyarakat.

Baca juga: PLN UID Kalselteng berikan santunan kepada puluhan anak yatim

General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin di Banjarbaru, Minggu, menyambut baik serta mendukung permohonan tambah daya listrik pusat layanan publik seperti puskesmas tersebut.

“Pada prinsipnya PLN sangat mendukung penuh setiap pelanggan baik yang akan tambah daya maupun pasang baru dengan daya berapapun,” ujar Joharifin.

Joharifin menambahkan kondisi tegangan ke Puskesmas Gambah sangat bagus dan normal, namun pihak puskesmas akan menggunakan peralatan medis modern dengan instalasi tiga phase, sehingga harus menambah jaringan SUTR.

“Untuk pelanggan tiga phase, kami memang merekomendasikan agar letak pelanggan tidak terlalu jauh dari jaringan SUTR agar peralatan bisa bekerja dengan maksimal,” katanya.

Joharifin mengharapkan operasional dan layanan di Puskesmas Gambah menjadi lebih baik kepada seluruh masyarakat di sekitarnya usai pembangunan SUTR selesai.

Baca juga: PLN UID Kalselteng bagikan ratusan peralatan ibadah melalui "Employee Volunteering Program"
 
Petugas PLN ULP Kandangan saat bertemu dengan Kepala Puskesmas Gambah dr. Yessie Inggriany (kiri) dan menjelaskan langkah-langkah penguatan infrastruktur kelistrikan untuk Puskesmas Gambah dengan membangun sepanjang 200 meter sirkuit jaringan SUTR. (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)


Joharifin mengharapkan operasional dan layanan di Puskesmas Gambah menjadi lebih baik kepada seluruh masyarakat di sekitarnya usai pembangunan SUTR selesai.

“Kami sudah selesai bangun SUTR dan juga menaikkan daya ke 10.600 VA, harapannya Puskesmas Gambah bisa lebih maksimal dalam melaksanakan operasional," pungkas Joharifin.

Selain Puskesmas Gambah, PLN UID Kalselteng juga membangun 500 meter sirkuit SUTR dan penambahan trafo berkapasitas 50 kVA untuk mengakomodir penambahan daya Puskesmas Simpur dari 16.500 VA menjadi 23.000 VA.

Baca juga: PLN UID Kalselteng tambah SPKLU dari Satui hingga Tanjung

Sementara itu, Kepala Puskesmas Gambah Kabupaten Hulu Sungai Selatan dr Yessie Inggriany mengapresiasi kinerja PLN dengan menyediakan listrik yang berkualitas di tempatnya bekerja.

“Terima kasih kepada PLN karena jaringan listrik dan tambah daya sudah selesai. Memang beberapa peralatan masih belum bisa maksimal karena kami harus menata ulang jaringan listrik di kantor menjadi tiga phase,” ujar dr. Yessie.

Dia juga berterima kasih kepada petugas PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kandangan yang selalu siap melakukan supervisi dalam proses pembangunan jaringan listrik di Puskesmas Gambah.

“Semoga kami bisa segera menyelesaikan perubahan instalasi ke tiga phase, sehingga pelayanan kami menjadi lebih maksimal lagi kepada masyarakat.” tutupnya.

Baca juga: PLN ajukan PMN Rp3 triliun guna bangun kelistrikan daerah terpencil

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024