Bupati Kotabaru Sayed Jafar didampingi Ketua TP.PKK Fatma Idiana menghadiri serta melepas  lomba dayung Perahu Tradisional dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke- 27  Lanal Kotabaru ke- 27 yang berlangsung di Rampa Berkah. 
 
"Lomba dayung perahu tradisional bagian dari upaya melestarikan budaya dan olahraga mendayung," kata Sayed Jafar di Kotabaru,Sabtu.
 
Bupati menyampaikan, kegiatan ini dapat menumbuh kembangkan olahraga dayung dengan mengusung kearifan lokal sehingga warisan budaya tetap berlangsung.
 
"Kami memberikan apresiasi kepada Lanal Kotabaru yang telah menyelanggarakan lomba prahu tradisional," katanya.
 
Sayed Jafar mengungkapkan, terselenggaranya lomba dayung tradisional tidak hanya diperingati untuk memerihkan HUT Lanal Kotabaru, akan tetapi sebagai daya tarik wisatawan menikmati wisata bahari ke kampung Rampa Berkah.
 
"Harapan saya melalui kegiatan ini dapat menjadikan olahraga tradisional semakin terjaga dan semakin menumbuhkan kecintaan kita pada olahraga dayung," ujarnya.
 
Orang nomer satu di Kotabaru itu juga mengajak Komandan Lanal Kotabaru untuk meningkatkan sinergisitas memperkuat dan menjaga hubungan baik untuk kemajuan Kotabaru yang lebih baik.
 
"Selamat Hari Ulang Tahun Lanal Kotabaru ke- 27," kata Bupati.
 
Danlanal Kotabaru Letkol Laut (P) Hapsoro menyampaikan, kegiatan lomba dayung tradisional selain dalam rangka memeriahkan HUT Lanal Kotabaru ke- 27 juga bertujuan untuk mendukung pembangunan daerah Kabupaten Kotabaru khususnya wisata bahari.
 
"Karena kami Angkatan Laut, kami sangat fokus tentang kelautan, maka dari itu, dalam kegiatan ini kami menggelar Lomba Dayung, yang merupakan even pertama dengan harapan dapat dilaksanakan secara rutin, dan ini merupakan salah satu wujud kami dalam mendukung program Pemerintah Daerah khsusnya mengangkat wisata bahari," kata Absoro.
 
Ia menyebutkan, lomba dayung perahu tradisional ini diikuti 35 peserta dengan memperebutkan hadiah menarik, dan dalam perlombaan itu satu perahu diisi oleh satu tim dayung yang berjumlah 7 orang.
 
Tim yang menjadi Juara I tim Garuda dengan meraih uang pembinaan Rp. 8.000.000, Juara II dari Tim Pancar Laut dengan mendapat pembinaan sebesar Rp. 5.000.000, Juara 3 Tim Zilo sebesar Rp. 3.000.000 dan Juara 4 sebesar Rp. 2.000.000 Tim Berkat Do'a yang diserahkan langsung oleh Bupati Kotabaru dengan didampingi Komandan Lanal Kotabaru.
 
 

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q/Diskominfo

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024