Seluruh penggiat dan perwakilan pengurus koperasi hari ini berkumpul di halaman kantor Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel), tempat gelaran peringatan Hari Koperasi ke-77 Tahun 2024.

Adapun tema peringatan tahun ini adalah "Koperasi Sebagai Ekosistem Untuk Konsolidasi, Akselerasi Dan Eskalasi Ekonomi Mikro dan Kecil".

"Tujuan peringatan Hari Koperasi ini untuk mendiskusikan berbagai hal, sekaligus meningkatkan pemahaman tentang koperasi," kata panitia pelaksana kegiatan yang juga selaku Ketua Harian Koperasi Mahmudah, mengutip pers rilis Diskominfo HSS, di Kandangan, Jumat.

Baca juga: Pemkab HSS antisipasi pengurangan pekerja akibat krisis ekonomi

Selain itu, dijelaskan dia peringatan juga sebagai bentuk apresiasi terhadap koperasi yang telah mampu bertahan dalam ekonomi berkelanjutan, apalagi sudah teruji saat pandemi yang lalu.

Peringatan Hari Koperasi sebagai momen penghargaan bagi koperasi yg bisa berkeadilan sosial, dan telah mampu menggerakkan berbagai sektor seperti ekonomi kreatif.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Perekonomian Setda HSS Hendro Martono, menyampaikan sambutannya Menteri Koperasi dan UKM, mengingatkan bahwa koperasi bisa menjadi tulang punggung perekonomian kreatif di masa mendatang, sekaligus mampu membawa menuju Indonesia Emas 2045.

"Mari di Hari koperasi Ke-77 tahun ini, agar koperasi makin berperan dalam menjawab tantangan krisis ekonomi," ajaknya, yang berhadir mewakili Penjabat Bupati HSS Hermansyah.

Menurut dia, sebagaimana diketahui bahwa 90 persen usaha di Indonesia saat ini terdiri atas usaha mikro, sehingga persaingan semakin tinggi, dan dis inilah koperasi harus mampu mengambil posisi dan peran penting untuk wadah bagi mereka.

Baca juga: Disnaker KUKMP HSS gelar bimtek akuntansi dan pelaporan keuangan koperasi

Dalam sesi akhir acara dilakukan pula pemotongan nasi tumpeng dan kue ulang tahun, oleh Staf Ahli bersama Kepala Disnaker KUKMP HSS Siti Erma.

Turut diserahkan piagam penghargaan kepada para koperasi yang telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT ) secara tepat waktu.

Turut hadir dalam kegiatan ini Perwakilan Disnakerkop Provinsi Kalsel, Perwakilan Forkopimda HSS, jajaran pengurus koperasi dan undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024