Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar memutuskan istri Hj Raudhatul Jannah atau Acil Odah sebagai bakal calon Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) periode 2024-2029.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kalsel H Supian HK ketika dikonfirmasi di Banjarmasin, Kamis malam, membenarkan keputusan partai politik berlambang Pohon Beringin tersebut memutuskan Acil Odah maju pada Pemilihan Gubernur Kalsel.

Baca juga: Kader posyandu HSS raih tiga penghargaan tingkat provinsi

"Sebagaimana Surat Keputusan (SK) DPP Partai Golkar Nomor 661/DPP/Golkar/VII/2024 tanggal 17 Juli 2024 memutuskan Hj Raudhatul Jannah sebagai balon Gubernur Kalsel dari Partai Golkar," ujar Supian HK.

Diketahui, Acil Odah merupakan istri dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Provinsi Kalimantan Selatan.

Supian yang juga Ketua DPRD Provinsi Kalsel, menambahkan sebagaimana SK DPP Partai Golkar tersebut juga memutuskan Akhmad Rozanie Himawan Nugraha dari Partai NasDem sebagai pasang Acil Odah atau bakal calon Wakil Gubernur Kalsel.

"Penatapan DPP Partai Golkar tersebut cukup beralasan karena elektabilitas Acil Odah belakangan ini cukup meyakinkan untuk menjadi seorang nomor satu di jajaran Pemprov Kalsel," ujar Supian.

Baca juga: "Acil Odah" resmikan Kampung Anggrek saat Hari Keanekaragaman hayati

Supian optimis Acil Odah yang berpasangan dengan Akhmad Rozanie Himawan Nugraha akan memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalsel 2024.

"Pasalnya dari hasil Pemilu Legislatif pada Februari 2024, Partai Golkar sebagai pemenang, kemudian NasDem. Terlihat dari 55 keanggotaan DPRD Kalsel sebanyak 13 asal Golkar dan NasDem sepuluh orang," ujar Supian.

SK DPP Partai Golkar tersebut ditandatangani Ketua Umum Airlangga Hartarto dan Sekjen Lodewijk F Paulus.

Sekjen DPP Golkar menyerahkan SK itu kepada Ketua DPD Partai Golkar Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin pada Kamis siang.

Sementara figur lain yang diperkirakan bakal maju pada Pilkada Kalsel 2024, yakni H Muhidin (Wakil Gubernur Kalsel dan Ketua DPD PAN Kalsel)-H Hasnuryadi (Kader Golkar dan pemilik Hasnur Group), dan H Zairullah Azhar (Bupati Tanah Bumbu Kalsel)-H Ibnu Sina (Wali Kota Banjarmasin dan Ketua Partai Demokrat Kalsel).

Baca juga: Berstatus PNS, istri Gubernur Kalsel disodorkan jadi bakal cagub

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024