Polres Hulu Sungai Selatan (HSS), Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan apel gelar pasukan Operasi kewilayahan Patuh Intan 2024, dan akan menyasar pada tujuh jenis pelanggaran.

"Operasi ini merupakan upaya kita dalam menciptakan tertib lalu lintas. mewujudkan Indonesia emas dan mulai dilaksanakan serentak selama 14 hari, dari tanggal 15 hingga 28 Juli mendatang," kata Kapolres HSS AKBP Muhammad Yakin Rusdi di Kandangan, Selasa.

Dalam apel gelar pasukan tersebut, Kapolres meminta seluruh personel mengutamakan tindakan represif berupa penegakan hukum yang terukur bagi para pelanggar lalu lintas, tanpa mengesampingkan preemtif dan preventif.

Baca juga: Sekda HSS hadiri pembentukan pokja percepatan rehabilitasi pecandu narkotika

Penindakan supaya dilakukan dengan humanis, santun dan transparan, sehingga diharapkan masyarakat bisa disiplin dalam berlalu lintas.

Operasi sendiri memprioritaskan sebanyak tujuh sasaran pelanggaran, yakni menggunakan ponsel ketika berkendara, pengemudi di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang.

Kemudian, tidak menggunakan helm SNI dan tidak menggunakan safety belt, mengemudi di bawah pengaruh minuman keras atau alkohol, terakhir mengemudi melebihi batas kecepatan yang telah ditentukan.

"Dengan operasi ini kita harapkan dapat menurunkan angka kecelakaan, mengurangi kemacetan, dan terwujudnya situasi dan kondisi kamseltibcar lantas yang mantap," terangnya.

Untuk apel gelar pasukan dipimpin langsung Kapolres HSS AKBP Muhammad Yakin Rusdi, dan diikuti jajaran TNI dan Polri, Dinas Perhubungan HSS, Dinas Satpol PP dan Damkar HSS.

Baca juga: Polres HSS gelar peringatan HUT ke-78 Bhayangkara

Dandim 1003/HSS Letkol Bayu, Sekretaris Daerah (Sekda) HSS Muhammad Noor, perwakilan Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri HSS beserta instansi terkait turut hadir dalam apel.

Sementara itu, Sekda HSS Muhammad Noor mengatakan adanya operasi patuh intan diharapkan masyarakat lebih patuh dengan aturan lalulintas, sehingga kecelakaan dapat diminimalisir.

"Mari kita jaga keselamatan diri dan orang lain selama berlalu lintas, menghindari kecelakaan lalulintas. Terima kasih kepada jajaran Polres HSS terus menyadarkan masyarakat akan pentingnya aturan lalulintas," ucapnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024