Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan menciptakan sebuah inovasi untuk mempermudah pemantauan data kesehatan masyarakat melalui aplikasi E-Puskesmas.

“Tujuan kita menciptakan aplikasi ini tidak lain untuk mempermudah kita dalam memantau data kesehatan warga Balangan,” kata Plt Kepala Dinkes Balangan Ahmad Sauki di Balangan, Senin (15/7/2024).

Sauki menuturkan aplikasi E-Puskesmas ini merupakan sebuah program yang bertujuan untuk menghubungkan informasi pelayanan kesehatan pada level paling rendah, yaitu di Puskesmas.

Kadinkes Balangan menyebutkan untuk saat ini Kementerian Kesehatan RI mewajibkan E-Puskesmas itu ada pada setiap Puskesmas, yang mana nantinya akan berkembang sampai ke klinik swasta.

Menurut Sauki, E-Puskesmas ini adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan informasi pelayanan kesehatan di Puskesmas yang terkoneksi ke Kementerian Kesehatan atau pada aplikasi SatuSehat.

Melalui aplikasi tersebut ujar Sauki, dari kementerian hingga kabupaten bisa memantau pelayanan-pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas di wilayah kerja masing-masing.

Untuk konsepnya jelas Sauki, yaitu berbagai jenis apa saja penyakit yang paling banyak dan apa saja pengobatannya, serta kegiatan apa saja yang sudah diberikan pelayanan.

Sauki menambahkan, juga dapat mengawasi penyakit-penyakit apa yang berpotensi menjadi wabah di suatu daerah dan juga membantu dalam penyusunan logistik obat-obatan yang diperlukan.

Terakhir Sauki menyebutkan untuk penggunaan E-Puskemas di Kabupaten Balangan setidaknya sudah sekitar 70 persen Puskesmas di Balangan sudah memanfaatkan. 

“E-Puskesmas saat ini berbasis website dan nantinya akan lebih berkembang lagi agar dapat terkoneksi dengan BPJS Kesehatan dan dapat digunakan sebagai pendaftaran antrean online,” sebutnya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024