Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar inovasi Barakat Ceting (Bersama Masyarakat Tuntas Cegah Stunting) guna mengajak masyarakat di tiap desa mampu menggali berbagai inovasi untuk mencegah dan menekan angka stunting.

“Kegiatan ini untuk mengoptimalkan pencegahan stunting, terutama bagi remaja putri calon ibu, serta ibu hamil dan menyusui,” kata Bupati HST Aulia Oktafiandi saat memberikan sambutan kegiatan Roadshow Barakat Ceting di Batu Benawa, Hulu Sungai Tengah, Senin.

Pada kegiatan itu, Bupati HST sekaligus menyerahkan bantuan intervensi stunting, bantuan bedah rumah, bantuan septictank, bantuan beragam, bergizi, sehat dan aman (B2SA), dan bantuan hewan ternak. 

Selain itu, juga bantuan Bapak Asuh Anak Asuh (BAAS) Dinsos PPKB-PPPA Kabupaten HST, bantuan sembako dari Bapak Asuh Stunting dan Ibu Asuh Stunting Kabupaten HST kepada ibu balita, dan penyerahan sertifikat elektronik siap nikah dan hamil (elsimil) bagi calon pengantin.

“Saya sangat mengapresiasi Kecamatan Batu Benawa atas terselenggaranya inovasi Barakat Ceting, ini akan mendorong tiap desa yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah agar turut berinovasi dalam upaya menurunkan stunting,” ujar Aulia.

Dia berharap kegiatan ini dapat menyadarkan masyarakat dalam rangka menyiapkan generasi emas dengan berbagai tantangan adanya kemungkinan anak-anak bisa tumbuh tidak optimal karena persoalan stunting, dan tugas bersama adalah melakukan berbagai upaya untuk memberantas stunting di kabupaten tersebut.

Oleh karena itu, Aulia mengajak seluruh perangkat daerah dan seluruh masyarakat, termasuk kepala desa, camat, dan instansi terkait untuk bergotong royong dan terus menguatkan sinergitas bersama dalam pencegahan stunting.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi semua dan memberikan hasil yang terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Pada kegiatan itu, turut hadir perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan, para Kepala OPD Pemkab HST, Camat Batu Benawa dan jajaran, Ketua MUI dan KUA Kecamatan Batu Benawa, dan warga setempat.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024