Banjarbaru (Antaranews Kalsel) - Rapat koordinasi kehumasan yang dilaksanakan Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyoroti perubahan susunan organisasi tata kerja kehumasan di kabupaten dan kota.


Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Kalsel Kurnadiansyah di Kota Banjarbaru, Rabu mengatakan, rakor dihadiri kepala bagian humas kabupaten dan kota.

"Tujuan rakor adalah sinkronisasi program kehumasan dan perubahan SOTK menjadi salah satu sorotan karena dinilai menyulitkan tugas-tugas bidang kehumasan," ujarnya.

Ia mengakui, perubahan nomenklatur humas dan protokol akan mempengaruhi tugas dan fungsi bagian kehumasan yang sebelumnya dibawah struktur sekretariat daerah dipindah ke Dinas Kominfo.

Dijelaskan, struktur organisasi humas dan protokol di lingkup pemerintah kota dan kabupaten berbeda-beda dan hampir seluruhnya dipindahkan ke dinas baru yakni Komunikasi dan Informasi.

"Pemindahan struktur ini tentu akan mempengaruhi kinerja bagian humas karena tidak memiliki kewenangan untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat," ungkapnya.

Ia mengatakan, perubahan tersebut dikeluhkan pejabat kehumasan lingkup kota dan kabupaten sehingga Pemprov Kalsel berupaya memfasilitasi agar tidak muncul masalah di belakang hari.

Disisi lain, kata dia, nomenklatur yang mengatur organisasi perangkat daerah itu sudah ditetapkan melalui keputusan gubernur dan keputusan wali kota dan bupati di tingkat daerah.

"Kami siap memfasilitasi meminta petunjuk Kemendagri terkait masalah ini sehingga penerapannya di daerah tidak menimbulkan masalah dan memengaruhi kinerja aparatur," ujar dia.

Humas Pemkab Hulu Sungai Selatan Hendro mengatakan, koordinasi akibat perubahan nomenklatur akan lebih sulit karena bagian humas melaksanakan tugas dan hasilnya disiarkan Kominfo.

", ibaratnya staf bagian humas yang menyiapkan bahan mJadientah tetapi tidak boleh menyiarkan karena tugas itu merupakan kewenanganan dinas baru yakni Kominfo," katanya.

Sementara itu, rakor dihadiri kepala bagian humas diantaranya Kabag Humas dan Protokol Pemkot Banjarbaru Johan Arifin dan Kabag Humas Setda Kabupaten Banjar Rakhmad Dhani.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016