Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan Mohammad Syahid mengatakan, tes urin dilakukan kepada pejabat eselon dan  pejabat fungsional bertujuan untuk menjaga kualitas sumber daya pegawai negeri sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut.

"Program Kesbangpol di tahun ini melakukan tes urin kepada pejabat eselon dua, tiga dan empat serta pejabat fungsional," ujar Mohammad Syahid, di Pelaihari, Rabu.

Baca juga: Personel Kodim HST tes urine dadakan cegah penyalahgunaan narkoba

Menurut dia,  pada tes urin tersebut pihaknya menargetkan sebanyak 500 orang pejabat di lingkungan Pemkab Tanah Laut.

"Pelaksanaan tes urin tersebut selama tiga hari. Mulai tanggal 2, 3 dan 4 Juni 2024 di Kantor Kesbangpol Tanah Laut," ungkapnya.

Kegiatan tersebut, jelas dia, menjalankan Peraturan Daerah No: 3 Tahun 2020, tentang Pencegahan dan Pemberantasan Narkotika di Kabupaten Tanah Laut.

Selain itu, terang dia,  menjalankan aksi daerah Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) ditetapkan dari awal Januari hingga akhir Tahun 2024.

Dia berharap, kualitas kesehatan dari pejabat PNS di Pemkab Tanah Laut tidak ada terlibat dengan Narkotika.

'Karena hal itu sangat menyalahi dan merugikan Pemkab Tanah Laut dan mengganggu kinerja kalau terlibat Narkoba," tegasnya.

Dia juga berharap, dari hasil tes urin tersebut tidak ada yang positif, kalaupun ada positif di level dua dan tiga saja.

"Kalau ada ditemukan level satu, maka akan kita serahkan pada pimpinan untuk ditindaklanjuti melalui komisi disiplin pegawai," demikian tutupnya.

Baca juga: Divpropam Mabes Polri periksa kedisipinan anggota Polresta Banjarmasin
 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024