Manajemen PT Plantindo Agro Subur (PAS) menggelar apel siaga pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), serta pemeriksaan sarana prasarana (sarpras) Tim Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat (TKTD).

"Kita melakukan giat apel siaga pencegahan dan penanggulangan karhutla bersama TNI-PolrI, BPBD Tapin, Dinas Pertanian bidang perkebunan Tapin, serta unsur aparat pemerintah setempat," kata Senior Estate Manager PT PAS Muhammad F Razak saat dikonfirmasi di Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Sabtu.

Baca juga: PT PAS berbagi kebahagiaan melalui ibadah kurban

Dijelaskan dia, kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan kesiapsiagaan mencegah dan menanggulangi karhutla, serta menggandeng mitra terkait yang dirangkai dengan simulasi mengantisipasi karhutla. 

"PT PAS telah memenuhi sapras TKTD, mulai dari pemadam, embung, parit atau kanal menjaga ketersediaan air, adanya menara pandang dan rutin melakukan patroli udara dengan drone," tutur Razak.

Razak berharap adanya sinergi dan kolaborasi yang terjalin dengan sangat baik akan mempermudah dalam mengantisipasi karhutla karena koordinasi dan komunikasi intensif.

Baca juga: PT PAS optimalkan sinergi lima pilar cegah karhutla

Pembina apel siaga karhutla Iptu Samsudi mengimbau anggota TKTD agar selalu memperhatikan keselamatan saat bertugas.

"Senantiasa siap siaga dalam bertugas, namun juga utamakan keselamatan senantiasa karena tantangan dan hambatan di lapangan, serta taati standar operasional prosedur yang telah ditetapkan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan," ucap Samsudi.

Baca juga: PT PAS gandeng TNI dan Polri sosialisasikan pencegahan karhutla
 
Perwakilan PT Plantindo Agro Subur (PAS) memeriksa sarana dan prasarana saat apel siaga pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin, Sabtu (29/6/2024). (ANTARA/HO-Humas PT PAS)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024