PT Plantindo Agro Subur (PAS) mengoptimalkan sinergi lima pilar utama dari unsur pemangku kebijakan terkait pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan dan sekitarnya.

Senior Estate Manager PT PAS Muhammad Fakhrurazi Razak, di Candi Laras Utara, Tapin, Kamis, mengatakan lima pilar utama terdiri dari perusahaan, pemerintah daerah, TNI, Polri dan masyarakat melalui sembilan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA).

"Kita menandatangani kerja sama atau MoU dengan KTPA dan komitmen bersama mencegah dan menanggulangi bahaya karhutla yang melibatkan lima unsur tersebut," kata Razak.

Baca juga: PT PAS gandeng TNI dan Polri sosialisasikan pencegahan karhutla

Dijelaskan dia, kerja sama ini merupakan komitmen perusahaan PT PAS terhadap upaya pencegahan karhutla termasuk kerja sama dengan KTPA di wilayah Candi Laras Utara.

Perusahaan pun akan memberikan penghargaan kepada desa yang bebas api sebagai bentuk perhatian dan apresiasi wilayah bebas api di desa binaan.
 
Perwakilan PT Platindo Agro Subur bersama lima pilar dari unsur TNI, Polri, pemerintah daerah, dan masyarakat saat perjanjian kerja sama dan komitmen bersama mencegah dan menanggulangi kebakaran Hutan lahan (Karhutla) di Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin, Kamis (30/5/2024). (ANTARA/HO-HUMAS PT PAS)

"Harapan terbesar kami pada 2024 ini sembilan desa tersebut di sekitar HGU perusahaan kami semuanya bebas api," ujarnya.

Staf SHE PT PAS Andri menambahkan sembilan KTPA yang menandatangani kerja sama dan komitmen bersama antara lain dari Desa Sawaja, Buas-Buas Hulu.

Kemudian, KTPA dari desa Buas-Buas Hilir, Teluk Haur, Batalas, Pariok, Sungai Salai Hulu, Sungai Salai Hilir dan Desa Kaladan.

Baca juga: Giat bulan K3 PT PAS donor darah dan penandatanganan komitmen bersama

Terkait pemberian penghargaan, menurut Andri, sebagai upaya perusahaan untuk melibatkan partisipasi masyarakat terhadap pencegahan dan penanggulangan karhutla.

Kapolsek Candi Latas Utara IPTU Samsudi sangat mendukung upaya perusahaan mencegah dan menanggulangi karhutla di wilayah Candi Laras Utara.

Turut hadir padad penandatanganan kerja sama dan komitmen bersama, antara lain Koramil PELTU Rizaini Ansyah dan Camat candi Laras Utara H. Mukhadi.

Baca juga: PT PAS tes urine karyawannya cegah penyalahgunaan narkoba

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024