Sebanyak 13 kampus di Provinsi Kalimantan Selatan mengirimkan kontingen pada Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) 2024 di Politeknik Negara Banjarmasin.
 
Ketua Panitia Peksimida 2024 Poliban Kalsel Nailiya Nikmah pada pembukaan gelar tersebut di kampus Poliban di Banjarmasin, Kamis,  mengatakan ajang yang digelar pada 13-14 Juni 2024 ini sebagai seleksi untuk ke tingkat nasional.

Baca juga: Poliban inisiasi program sertifikasi kompetensi kerja bidang teknik informatika
 
Menurut dia, sebanyak 39 mahasiswa dari berbagai kampus di Provinsi Kalsel yang berprestasi pada bidang seni berlomba menjadi yang terbaik pada Peksimida 2024.
 
"Yang terbaik akan mewakili Kalsel pada ajang nasional Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) 2024 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ)," tuturnya.
 
Diungkapkan Nailiya, terdapat lima kategori lomba pada Peksimida 2024 ini di Poliban, yakni seni monolog, menulis cerpen, menulis lakon, menulis puisi dan fotografi.
 
Wakil Direktur 3 Poliban H. Syafwansyah Effendi menginginkan semua peserta berlomba secara sportif dan memberikan karya yang terbaik pada Peksimida 2024.

Baca juga: Poliban siap melaksanakan pekan seni mahasiswa daerah 2024
 
"Lebih baik gagal dalam mencoba daripada tidak sama sekali, semua peserta harus memiliki semangat juang untuk bisa menjadi yang terbaik," ujarnya.
 
Sebagai tuan rumah yang perdana menyelenggarakan Peksimida ini, kata dia, tentunya ingin memberikan sambutan yang baik untuk peserta, utamanya dari luar kampusnya.
 
Sementara itu, Ketua Umum Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Kalsel Dr. Yanuar Bachtiar menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kesiapan yang sangat matang dari Poliban menjadi tuan rumah Peksimida 2024.
 
Menurut dia, tujuan ajang Peksimida bukan hanya dalam rangka menjaring talenta terbaik untuk berkompetisi di tingkat nasional, tapi juga untuk menggalakkan seni di kalangan mahasiswa.

Baca juga: Poliban dan ULM berbagi ilmu terkait keterbukaan informasi publik
 
"Perkembangan seni ini harus kita dukung bersama-sama, karena tidak seperti olahraga, mengenai seni masih banyak yang belum tau terutama di tangkai-tangkai seni tertentu seperti menulis lakon dan monolog, jadi lewat Peksimida kita terus mensosialisasikan hal ini,” katanya.
 
Yanuar juga menerangkan, para peserta yang menjadi pemenang di Peksimida ini akan dibina lebih lanjut untuk mempersiapkan diri ke Peksiminas nantinya.
 
"Pasca Peksimida ini, para peserta yang lolos akan kita bina, akan kita latih dan berharap akan ada progres sesudah Peksimida maupun pada pelaksanaan yang menjadi puncak pekan seni ini," demikian katanya.

Baca juga: Tiga tim Poliban raih pendanaan nasional 2024
 
Pembukaan gelar Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) 2024 di Politeknik Negara Banjarmasin, Kamis (13/6/2024). (ANTARA/Sukarli)
 
Baca Link: Poliban

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024