Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Diskominfo HSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyosialisasikan statistik sektoral Metadata dan Rekomendasi Statistik.

Kepala Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo Kabupaten HSS Nani Yuniarty mewakili Kepala Diskominfo HSS Hj. Rahmawaty didampingi Kepala BPS HSS Agung Setiawan Prasetya membuka acara di Pendopo Wakil Bupati HSS.

"Acara kita ini diselenggarakan bentuk komitmen meningkatkan kualitas dan akurasi data statistik sektoral, yang merupakan fondasi penting bagi perencanaan, pengambilan keputusan, serta evaluasi program dan kebijakan yang efektif," kata Kabid Persandian dan Statistik Diskominfo Kabupaten HSS Nani Yuniarty di Kandangan, Selasa.

Dijelaskan dia, Metadata statistik sektoral memiliki peran krusial dalam memastikan transparansi, konsistensi, dan keterandalan data yang digunakan.

Dikatakan Nani, sosialisasi tersebut menjadi ajang berkumpul dalam membahas sesuatu yang sangat penting untul konteks pengelolaan informasi, yaitu tata kelola dan tata cara pengisian metadata statistik.

Baca juga: Pemkab HSS gelar bimtek penyusunan proses bisnis dan arsitektur SPBE

Metadata sebagai informasi tentang informasi dan fondasi bagi pemahaman yang mendalam, serta pengelolaan yang efektif terhadap data statistik.

"Dalam era di mana data menjadi semakin penting, memahami bagaimana mengelola metadata dengan baik merupakan langkah krusial memastikan keakuratan, keandalan, dan kegunaan data statistik,”jelasnya.

Selain itu, sosialisasi akan menelaah berbagai aspek tata kelola metadata statistik, termasuk proses pengisian, standar yang diterapkan, dan pentingnya konsistensi dalam dokumentasi metadata.

“Kita juga akan membahas cara-cara untuk memperkuat Infrastruktur metadata, guna mendukung kebutuhan analisis dan pelaporan,” tuturnya.

Melalui sosialisasi ini, pihaknya berharap para peserta dapat memahami konsep dan pentingnya metadata statistik sektoral, bagaimana mengelola dengan baik, serta bagaimana memanfaatkan meningkatkan kualitas data yang dihasilkan.

Pemahaman yang baik tentang metadata akan membantu dalam menjamin integritas data, memperkuat analisis, dan mendukung transparansi dalam penyajian informasi kepada publik.

"Mari kita berkolaborasi, belajar, dan berbagi pengetahuan untuk meningkatkan praktik terbaik dalam pengelolaan metadata statistik," ajaknya.

Baca juga: Diskominfo HSS perkuat keamanan siber bagi perangkat daerah

Kepala BPS HSS Agung Setiawan, mengatakan manfaat Metadata Statistik yang terdiri pembina data, produsen data, walidata dan pengguna data.

Menurut dia, pembina data adalah untuk mengukur kematangan penyelenggaraan dan strategi pembinaan statistik.

Sedangkan produsen data, untuk menghindari duplikasi kegiatan efisiensi anggaran, peningkatan nilai organisasi tentang tata kelola informasi.

Sementara, walidata dapat memudahkan interpretasi data, pengelolaan data dokumentasi, pengendalian mutu.

"Dan terakhir untuk pengguna data adalah memudahkan kita menginterpretasi data, ketepatan perumusan kesimpulan, memudahkan pencarian data," terangnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024