Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan H Muhammad Tambrin menyampaikan kabar duka karena jamaah haji yang wafat menjadi enam orang di Arab Saudi.
 
"Ada dua lagi kabar duka haji dari Embarkasi Banjarmasin yang wafat di Arab Saudi, sehingga total menjadi enam orang," ujar Tambrin di Banjarbaru, Minggu.

Baca juga: Jamaah haji Embarkasi Banjarmasin mulai pulang ke Indonesia
 
Adapun dua haji Embarkasi Banjarmasin tambahan yang wafat, yakni Hj Sumiyati Muhayyan Ihsan (72) Kloter 11 dari Kabupaten Tanah Laut, wafat di RS King Abdul Aziz Makkah pada Sabtu (22/6). 
 
Selanjutnya, Hj Raudah Amit Mansyur (72) Kloter 19 dari Kabupaten Tabalong, wafat di Mekkah pada Minggu.
 
Sebelumnya, empat jamaah haji, yakni, Sirun Mucheri Sarkawi (79) Kloter 7 dari Kabupaten Barito Selatan, Kalteng, wafat di RS Mekkah pada Sabtu (8/6).
 
Kemudian Hidayatussibyan (50) Kloter 18 dari Kabupaten Tabalong wafat di RS Arafah pada Jumat (14/6). H. Supian Suri Syarkawi (57) Kloter 14 dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, wafat di Mina pada Minggu (16/6).
 
Terakhir, Restina Ahmadsyah Aun (57) kloter 15 dari Kabupaten Tapin wafat di Mina pada Senin (17/6).
 
"Saya mewakili PPIH dan pemerintah menyampaikan duka yang sangat dalam, moga haji mereka diterima Allah SWT dan keluarga yang ditinggal tabah, mereka menjadi syuhada haji," tutur Tambrin.

Baca juga: Seorang calon haji asal Tabalong wafat di RS Arafah

Untuk perkembangan jamaah haji Embarkasi Banjarmasin saat ini sudah sampai ke tanah air Kloter 01 dari Kabupaten Banjar pada Minggu hari ini sekitar pukul 13.30 WITA di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.
 
"Alhamdulillah, untuk Kloter 1 lengkap, sebanyak 320 orang jamaah haji sebagai diberangkatkan pada 12 Mei 2024," ungkapnya.
 
Selanjutnya akan menyusul Kloter 2 dijadwalkan sampai di Indonesia pada 24 Juni 2024, Kloter 3 ( 26 Juni 2024) hingga seterusnya berakhir pada 22 Juli 2024.
 
"Moga semuanya menjadi haji yang mabrur," ujarnya.
 
Kedatangan jamaah haji akan disambut secara resmi di Aula Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Kota Banjarbaru.
 
Pada 2024, Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan 5.759 orang sebanyak 19 kloter dari Provinsi Kalsel dan Kalteng.
 
Dengan rincian sebanyak 4.071 orang pada 14 kloter dari Kalsel dan sebanyak 1.688 orang pada lima kloter dari Kalteng.

Baca juga: Embarkasi Banjarmasin berangkatkan Kloter 17 asal Tabalong-Balangan

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024