Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama insan maritim membagikan sebanyak 1.600 kantong daging hewan kurban kepada masyarakat sekitar pada momen Idul Adha 1445 Hijriah.

Kepala Bidang Status Hukum dan Sertifikasi Kapal (SHSK) KSOP Kelas I Banjarmasin Adi Affandi di Banjarmasin, Rabu, mengatakan daging yang dikemas sebanyak 1.600 kantong itu langsung didistribusikan oleh panitia kepada masyarakat setelah selesai pemotongan pagi hari.

“KSOP Banjarmasin bersama seluruh insan maritim Pelabuhan Banjarmasin menyumbang hewan kurban 16 ekor sapi dan satu ekor kambing,” ujarnya.

Di menyebutkan pembagian daging tersebut merupakan bagian dari ibadah kurban untuk berbagi kepada sesama sebagai wujud syukur kepada Allah SWT.

“Kita utamakan masyarakat yang lebih membutuhkan, selain itu juga kita bagikan kepada karyawan-karyawan insan maritim Pelabuhan Banjarmasin,” tuturnya.

Adi berharap pelaksanaan ibadah kurban setiap tahunnya dapat meningkat, termasuk jumlah hewan kurban juga bertambah melalui sumbangan insan maritim untuk berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan.

Menurut dia, berkurban merupakan salah satu bentuk ucapan syukur umat muslim dalam memperingati hari raya Idul Adha yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Panitia pemotongan hewan kurban itu tidak hanya melibatkan insan maritim, tetapi juga melibatkan warga sekitar yang berjumlah 35 orang.

“Kami berharap semakin banyak insan maritim yang ikut berkurban pada tahun selanjutnya, dan tentunya semoga ibadah kurban dapat kita laksanakan setiap tahun,” ujar Adi.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024