Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) menggencarkan kampanye gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) sebagai upaya memperbaiki gizi masyarakat khususnya untuk mengatasi stunting di daerah itu.

“Ikan adalah sumber protein yang sangat baik dan kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, dengan kandungan protein berkualitas tinggi, asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan anak-anak,” kata Bupati HST Aulia Oktafiandi di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Sabtu.

Dia menyebutkan dengan meningkatkan konsumsi ikan, dapat memperbaiki gizi khususnya bagi yang membutuhkan asupan gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan.

“Mari kita jadikan ikan sebagai pilihan utama dalam menu makanan sehari-hari. Dengan demikian, kita tidak hanya menjaga kesehatan kita, tetapi juga turut mendukung perekonomian daerah melalui pemasaran produk ikan oleh UMKM,” ujarnya.

Aulia menekankan kampanye gerakan makan ikan tidak hanya berdampak pada kesehatan saja, tetapi juga bagi UMKM melalui teknik pemasaran yang lebih efektif dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih.

Karena itu, ia berharap kegiatan kampanye gemar ikan dapat menjadi awal yang bagus untuk meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) HST Muhammad Afni Hidayat mengatakan pemerintah daerah menggelar Kampanye Gemarikan sebagai upaya memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam porsi yang dianjurkan bagi kesehatan guna membentuk generasi yang sehat dan cerdas.

Selain itu, kampanye Gemarikan ini juga memberikan informasi kepada masyarakat untuk memilih protein hewani dari ikan dibanding protein hewani lainnya.

“Kampanye Gemarikan ini bisa meningkatkan wawasan masyarakat tentang kandungan gizi pada ikan, cara memilih ikan yang segar dan bebas bahan berbahaya. Dan yang paling penting adalah saat menangkap ikan tidak menggunakan alat tangkap yang dilarang,” ujar Afni.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024