Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, mengajak seluruh panitia kurban dan masyarakat agar dapat mengurangi penggunaan kantong plastik saat membagikan daging kurban.

"Kami sudah menerbitkan Surat Edaran Nomor : B/600.1.17.3/4272/DLH/PSLB3.1.Bup/VI/2024 ditujukan kepada Dinas/Badan/Kantor se-Kabupaten Tanah Bumbu, BUMD, BUMN, Rumah Sakit, Puskesmas, Camat, Kepala Desa, Lurah, RT/RW, dan Panitia Penyelenggara Kegiatan Hari Raya Idul Adha 2024 dan masyarakat Tanah Bumbu," kata Kepala DLH Tanbu Rahmat Prapto Udoyo di Batulicin Jumat.

Rahmat yang di dampingi Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Tanah Bumbu Indah Maya Suryanti menjelaskan, surat edaran ini menindaklanjuti SE Gubernur Kalsel tentang imbauan pengurangan sampah plastik pada pembagian daging kurban Rari Raya Idul Adha 1445 H.

Kepada panitia penyelenggara perayaan Idul Adha diimbau agar dalam pelaksanaan salat idul adha agar tidak meninggalkan sampah dilokasi yang digunakan sebagai tempat penyelenggaraan salat. 

Untuk kegiatan lain yang masih dalam rangkaian perayaan idul adha agar dapat meminimalisir timbulan sampah.

Panitia pelaksana kurban agar menjaga dan mengendalikan kebersihan lingkungannya ditempat penampungan dan pemotongan hewan kurban, serta mengimbau di dalam pelaksanaan distribusi hasil pemotongan hewan kurban untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai sebagai wadah daging kurban.

"Mengganti kantong plastik sebagai wadah daging kurban dengan menggunakan daun seperti daun pisang/daun jati, wadah anyaman bambu (besek) atau wadah lainnya yang tersedia di daerah masing-masing yang dapat digunakan ulang atau dapat dikomposkan dan tidak menimbulkan sampah plastik," Ucapnya.

Atau membawa wadah sendiri yang terbuat dari bahan ramah lingkungan saat mengambil hak atas daging kurban.

Kepada seluruh penyelenggara kegiatan, agar menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah seperti tempat sampah terpilah dilokasi penyelenggaraan salat idul adha dan pembagian daging kurban.

"Kami juga melaksanakan pengumpulan dan pengangkutan sampah dilokasi penyelenggaraan salat idul adha dan pembagian daging kurban," tutupnya.

Pewarta: Tim Redaksi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024