Petugas PT PLN Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) melakukan pemeliharaan infrastruktur kelistrikan tanpa padam melalui aksi Bakti Karya Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) seri II di Kalimantan Tengah untuk menjamin suplai listrik andal dan berkesinambungan menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Keterangan tertulis humas PT PLN UID Kalselteng di Banjarbaru, Jumat, menyebutkan PLN mengerahkan enam unit High Voltage (HV) Insulated Skylift, serta 60 personel gabungan PDKB dan Pelayanan Teknik dari Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banjarmasin, Palangkaraya, Barabai, serta UP3 Kotabaru.

Baca juga: Presiden Jokowi tandai pembangunan PLN Hub di IKN

Kegiatan yang berlangsung lima hari pada 27-31 Mei 2024 tersebut, ditandai apel bersama Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalteng sebagai titik awal pekerjaan pada Senin (27/5) di Muara Teweh dan ditargetkan sebanyak 124 titik pekerjaan yang berlokasi di Barito Utara, Barito Selatan hingga Barito Timur, Kalimantan Tengah

Penjabat Bupati Barito Utara yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Gojali Montallat Tua mengapresiasi kegiatan PLN untuk memberikan kenyamanan listrik kepada masyarakat khususnya di Kalimantan Tengah.

"Kami berterima kasih kepada PLN yang telah mendukung Barito Utara terang melalui Bakti Karya PDKB ini. Kami juga merasa bangga atas dipilihnya Kabupaten Muara Teweh sebagai titik mula kegiatan," ujar Gojali.

Gojali berharap masyarakat dapat mendukung kegiatan PLN yang dilakukan sebagai upaya dalam pemberantasan gangguan listrik akibat adanya tanaman pohon warga yang mendekati jaringan.

"Kami meminta warga berkolaborasi bersama menyukseskan kegiatan dengan mengizinkan PLN jika akan menebang atau memangkas pohon, sehingga tercipta pasokan listrik yang andal dan terus terang. Tentu masyarakat juga yang akan menikmati," ucap Gojali.

Baca juga: PLN UID Kalselteng bersihkan kawasan Air Santri Martapura

General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin menjelaskan, kegiatan Bakti Karya PDKB adalah kegiatan rutin PLN sebagai langkah preventif untuk meningkatkan keandalan suplai listrik.

"Listrik yang andal sudah menjadi komitmen PLN sehingga masyarakat menikmati setrum dengan nyaman dan aman setiap saat, terutama saat event tertentu seperti menjelang Idul Adha 2024 yang sebentar lagi akan dirayakan," tutur Joharifin.

Joharifin mengapresiasi seluruh personel yang terlibat dalam Bakti Karya PDKB series II yang berjalan dengan lancar dan aman sehingga pasokan listrik kepada seluruh pelanggan terutama di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah terang menjelang dan selama Idul Adha.

"Tim telah melakukan pekerjaan pemeliharaan tanpa padamnya listrik dengan sempurna, tak hanya selesai perintah kerjanya, namun seluruh personel juga kembali dalam kondisi aman dan selamat tanpa kurang suatu apapun," ungkapnya.

Diharapkan Joharifin, setelah Bakti Karya PDKB series II, jaringan distribusi listrik semakin andal, agar seluruh aktivitas masyarakat berjalan dengan lancar dan penuh suka cita saat perayaan Hari Raya Idul Adha 2024.
 
Baca juga: PLN tambah 3,5 juta pelanggan sepanjang 2023
 
Sejumlah petugas saat melakukan pekerjaan pada Bakti Karya Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) series II untuk menjamin keandalan listrik menjelang Idul Adha 1445 Hijriah selama lima hari sejak tanggal 27- 31 Mei 2024 di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah yang berjalan aman dan lancar. (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024