Batulicin,  (AntaranewsKalsel) - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menyalurkan bantuan bahan makanan berupa beras kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan pangan, di Kusan Hilir.

"Ada dua desa di Tanah Bumbu yang masuk dalam daerah rawan pangan, yaitu Desa Serdangan dan Desa Karya Bhakti di Kecamatan Kusan Hilir," kata Kepala Kantor Ketahanan Pangan Daerah (KPD) Tanah Bumbu Akhmad Fauzi di Batulicin, Kamis.

Desa tersebut, kata dia, masuk dalam daerah rawan pangan disebabkan tanaman padi yang ditanam petani setempat terkena banjir sehingga mereka gagal panen.

Hal itu menyebabkan masyarakat di desa tersebut kesulitan memenuhi kebutuhan pangan keluarganya.

Terlebih masyarakat di dua desa tersebut tidak termasuk penerima beras bantuan untuk orang miskin (raskin), sehingga Pemkab Tanah Bumbu segera memberikan bantuan bahan pangan berupa beras.

"Setiap kepala keluarga akan menerima sekitar 15 kg beras yang sudah disiapkan oleh pemerintah daerah di gudang-gudang cadangan pangan," tuturnya.

Total bantuan pangan yang diserahkan sebanyak 1,7 ton beras untuk 115 keluarga dari dua desa di Kecamatan Kusan Hilir.

Dia berharap, bantuan beras gratis untuk masyarakat Desa Serdangan dan Desa Karya Bhakti di Kecamatan Kusan Hilir dapat meringankan beban hidup mereka.

Beras gratis dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu kategori dan penyalurannya berbeda dengan beras untuk masyarakat miskin dari pemerintah pusat.

"Kami ingin masyarakat yang tinggal di daerah rawan pangan terpenuhi kebutuhan pangan terutama beras yang menjadi kebutuhan sehari-hari," katanya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016