Manajemen PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) membersihkan kawasan Air Santri Martapura Kabupaten Banjar saat Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni.
 
General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin dikonfirmasi di Banjarbaru, Rabu, mengatakan kegiatan kebersihan tersebut merupakan bagian "Employee Volunteering Program" (EVP) PLN bertemakan "Green Employee Involvement" yang diikuti ratusan relawan PLN UID Kalselteng, ASN Pemkab Banjar serta Forkopimda Banjar.

Baca juga: PLN NP UP Kalselteng amankan pasokan listrik PLTMG Bangkanai sambut Idul Adha

Para peserta melakukan aksi peduli lingkungan itu pada salah satu pusat keramaian masyarakat, kawasan sentra UMKM dan Wisata Air Santri Martapura, Kelurahan Murung Kenanga Kabupaten Banjar.
"Jumlah pegawai PLN yang terlibat dalam aksi bersih-bersih dan olah sampah sebanyak 150 orang baik dari Kantor Induk, Unit Pelaksana hingga Unit Layanan. Harapannya, pegawai menjadi influencer bagi masyarakat sehingga lebih peduli terhadap lingkungan," ujar Joharifin.
 
Menurut Joharifin, PLN UID Kalselteng berkolaborasi dengan Pemkab Banjar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banjar, Dinas Lingkungan Hidup dan Forkopimda Banjar serta Bank Sampah Sekumpul yang merupakan binaan PLN UID Kalselteng sejak 2019 untuk menyukseskan kegiatan itu.
 
"Hasil kegiatan mengumpulkan 270 kilogram sampah yang akan dipilah dan diolah bekerja sama dengan Bank Sampah Sekumpul sehingga dapat didaur ulang menjadi barang berdaya guna yang memiliki manfaat ekonomi bagi masyarakat," ucapnya.

Baca juga: PLN tambah 3,5 juta pelanggan sepanjang 2023
 
Sejumlah pegawai PLN UID Kalselteng menjadi relawan Employee Volunteering Program (EVP) bertemakan "Green Employee Involvement" mengikuti aksi kebersihan lingkungan di kawasan Air Santri Kelurahan Murung Kenangan, Kabupaten Banjar, Rabu (5/6/2024). (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)

Joharifin menambahkan, kegiatan Employee Volunteering Program adalah agenda rutin PLN yang selalu berkolaborasi dengan pihak terkait demi peningkatan kualitas iklim menjadi lebih baik.
 
"Aksi Green Employee Involvement memiliki tujuan mulia, selain untuk mengatasi persoalan sampah dan lingkungan, juga dapat menambah value untuk masyarakat di sekitar dengan turut merasakan dampak peningkatan ekonomi," tuturnya.
 
Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kencana Kabupaten Banjar Wati mewakili Bupati Banjar Saidi Mansyur mengapresiasi inisiatif PLN UID Kalselteng yang menunjukkan komitmen bersama menjaga dan melestarikan lingkungan, serta membangun kesadaran kolektif terhadap lingkungan yang sehat dan bersih.

Baca juga: PLN sosialisasikan keselamatan ketenagalistrikan bagi pemadam kebakaran
 
"Kami bersyukur dapat hadir di tengah-tengah pegawai PLN serta seluruh peserta yang jumlahnya ratusan orang dengan bersemangat untuk berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan," ujarnya.
 
Ketua Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Al Ikhwan Kenanga Khairuddin selaku pengelola kawasan Air Santri Murung Kenanga juga mengapresiasi kegiatan yang difasilitasi PLN UID Kalselteng tersebut.
 
"Kami sangat senang dan bersyukur dipilihnya Murung Kenanga sebagai lokasi bersih-bersih lingkungan hari. Selain meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, juga dapat lebih mengenalkan kawasan wisata Air Santri kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: PLN catat pendapatan tumbuh signifikan capai Rp487 triliun pada 2023

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024