Manajemen PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah meningkatkan kepedulian terhadap petugas pemadam kebakaran yang menangani kebakaran guna mewujudkan keselamatan ketenagalistrikan setiap petugas.
 
Keterangan tertulis Humas PT PLN UID Kalselteng yang diterima di Banjarbaru, Sabtu, menyebutkan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina membuka acara tersebut yang diikuti ratusan anggota Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) se-Kota Banjarmasin di Banjarmasin.

Baca juga: PLN catat pendapatan tumbuh signifikan capai Rp487 triliun pada 2023

Selain perwakilan PLN UID Kalselteng Dimas Faisal Lutfianto, terdapat Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banjarmasin menjadi narasumber Sosialisasi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Kebijakan Pemadaman Listrik PLN, serta Jamsostek mengenai Jaminan Kematian (JKM).

"Kami minta petugas pemadam kebakaran untuk mengutamakan keselamatan dalam perjalanan dan menjalankan tugas selain waspada karena kebakaran tidak bisa diprediksi sehingga diperlukan reaksi yang tanggap dan cepat dari seluruh petugas. Keselamatan prioritas tertinggi, saat melintas di jalan raya maupun proses memadamkan api," ujar Wali Kota Ibnu Sina.
Team Leader Keselamatan, Kesehatan Kerja, Lingkungan dan Keamanan (K3LK) PLN UP3 Banjarmasin Dimas Faisal Lutfianto saat menyampaikan paparan terkait , edukasi tentang keselamatan ketenagalistrikan terutama kepada petugas pemadam kebakaran di Banjarmasin, beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)
Ibnu juga mengingatkan petugas pemadam agar selalu berkoordinasi dengan pihak terkait terutama PLN agar proses pemadaman terhindar dari risiko terkena aliran listrik saat terjadi kebakaran.
 
"Kami berterima kasih kepada PLN yang bersedia menjadi narasumber sosialisasi dan berharap seluruh anggota Damkar bisa memahami dan mentaati bagaimana teknis pemadaman api di lokasi yang terdapat jaringan listrik," ucapnya.
 
Team Leader Keselamatan, Kesehatan Kerja, Lingkungan dan Keamanan (K3LK) PLN UP3 Banjarmasin Dimas Faisal Lutfianto menuturkan keselamatan ketenagalistrikan petugas pemadam kebakaran sangat penting demi menjaga keselamatan semua pihak.

Baca juga: PLN kembali raih kinerja keuangan terbaik sepanjang sejarah 2023
 
"PLN sangat berkomitmen terhadap keselamatan seluruh masyarakat, sehingga kami rutin sosialisasikan keselamatan ketenagalistrikan, baik di sekolah-sekolah kepada pelajar, maupun lapangan secara langsung dan saat ini kepada teman-teman Damkar," ucap Dimas.
 
Dimas sangat mengapresiasi Pemkot Banjarmasin yang bersinergi dengan PLN sehingga dapat selalu memberikan kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat melalui pelayanan listrik yang prima dan andal.
 
"Terima kasih atas kepercayaan Pemkot Banjarmasin kepada PLN sehingga bisa memberikan materi keselamatan ketenagalistrikan. Kami juga apresiasi antusiasme peserta mengikuti sosialisasi dan berharap mereka lebih peduli terhadap keselamatan saat menjalankan tugas memadamkan api," katanya.

Baca juga: PLN sukses kawal kelistrikan tanpa kedip pada KTT WWF ke-10 di Bali

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024