pemerintah Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan melibatkan warga yang tergabung Kelompok Tani Ikan Desa Pugaan Kecamatan Pugaan mengembangkan benih ikan gabus atau haruan guna meningkatkan produksi ikan lokal.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKP2TPH) Kabupaten Tabalong Fahrul Raji mengatakan Pemkab Tabalong membangun sarana pendukung pemijahan dan kolam pembesaran ikan haruan melalui dana insentif daerah 2023.

Baca juga: DKP2TPH Tabalong siapkan 50 ribu benih ikan haruan

"Kita melibatkan kelompok tani di Desa Pugaan untuk pemijahan, pendederan hingga pembesaran ikan haruan dengan harapan bisa meningkatkan produksi lokal," kata Fahrul Raji di Tabalong, Selasa.

Pemkab Tabalong mempercayakan Kelompok Tani Bangun Tower Mandiri Desa Pugaan mengelola puluhan kolam untuk mengembangkan benih ikan haruan.

Kelompok tani tersebut mampu memproduksi 10.000-15.000 bibit ikan haruan setiap kolam terpal dan benih umur 60 hari yang bakal dilepas ke kolam buatan di Desa Jirak.

Baca juga: Pemkab Tabalong canangkan Desa Jirak sebagai Kampung Ikan Haruan

Penjabat Bupati Tabalong Hamida Munawarah sempat memanen dan menebar benih ikan haruan yang dikelola Kelompok Tani Ikan Bangun Tower Desa Pugaan tersebut.

Hamida optimis produksi ikan lokal di Tabalong bisa meningkat setiap tahun, sehingga meningkatkan pendapatan peternak ikan.

"Adanya pembenihan ikan haruan ini satu upaya mendongkrak produksi ikan haruan yang kini harganya cukup mahal," ucap Hamida.

Di lokasi pembenihan ikan haruan Desa Pugaan ini terdapat 12 kolam pemijahan, 10 kolam pendederan dan 19 kolam pembesaran.

Baca juga: Tabalong Food Security develops Kampung Haruan

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024