Desa Jirak Kecamatan Pugaan Kabupaten Tabalong cukup dikenal sebagai penghasil ikan air tawar karena berada di dataran rendah.

Pemerintah Kabupaten Tabalong pun mencanangkan Desa Jirak sebagai Kampung Ikan Haruan atau Gabus mengingat potensinya yang cukup tinggi.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menyampaikan sebagai Kampung Ikan Haruan ke depan Desa Jirak bisa meningkatkan perekonomian..

"Secara topografi pengembangan budidaya ikan air tawar di Desa Jirak sangat cocok sehingga dapat mengangkat derajat desa ini," jelas Anang, Kamis (15/9).

Sebagai kawasan rawan banjir Anang mengakui sektor pertanian di Desa Jirak belum berkembang secara optimal karena itu perlu terobosan baru di sektor perikanan dan perkebunan.

 Menurut Anang kondisi tanah di Desa Jirak juga cocok untuk pengembangan tanaman keras seperti jeruk dan rambutan.

"Kalau perlu tanam rambutan Rapiah dan  duku Palembang karena di Desa Jirak tanahnya subur," ungkap Anang.

Pencanangan Kampung Ikan Haruan sendiri ditandai dengan pelepasan induk ikan haruan dan panen ikan patin di kolam milik kelompok tani Liang Perdana Desa Jirak.

Selain pencanangan Kampung Ikan Haruan sejumlah warga Desa Jirak juga menerima sertifikat lahan kolam dari Kantor Pertanahan Kabupaten Tabalong.

Termasuk penanaman pohon kelapa yang diikuti Dandim 1008 Tabalong Letkol CZI Catur Witanto, Kadis Perkebunan dan Peternakan Norzain A Yani, Kadis DKPPTPH Mugeni dan para pihak lainnya.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022