Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalimantan Selatan telah mendapatkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Kalimantan Selatan untuk memasang instalasi listrik gratis di kabupaten/kota.

Pemprov Kalsel mengalokasikan dana untuk pemasangan listrik gratis pada Tahun Anggaran 2024 tersebar di tiga kabupaten, yaitu Tapin, Hulu Sungai Utara dan Balangan.

Baca juga: PLN terangi ratusan rumah di Kalselteng melalui sambung listrik gratis

"Berdasarkan data yang kami terima ada 500 rumah yang nantinya diberikan bantuan pemasangan listrik gratis," ucap Kepala Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Selatan Isharwanto di Banjarbaru, Sabtu.

Dia mengatakan kegiatan ini merupakan usulan atau proposal dari pihak kabupaten/kota terkait pemberian bantuan pemasangan listrik gratis yang disampaikan di tahun sebelumnya.

"Atas usulan dan proposal tersebut baru tahun ini bisa dilaksanakan," tuturnya.

Baca juga: Pemprov Kalsel pasang instalasi listrik gratis bagi 500 KK pada 2024

Kepala Seksi Pengembangan Ketenagalistrikan Dinas ESDM Kalsel Samideri menambahkan listrik prabayar ini memiliki kapasitas 900 Va dengan tiga titik lampu.

"Semua kami samakan seperti bantuan dari Kementerian ESDM di mana kapasitas listrik 900 Va di dalam satu rumah dan terdapat tiga titik lampu," katanya.

Dijelaskan dia, saat ini pihaknya masih dalam tahap proses pemilihan penyedia untuk bantuan sosial pemasangan instalasi listrik gratis bagi rumah tangga miskin.

"Apabila nanti penyedia sudah kami dapatkan maka dan itu sesuai dengan kualifikasi maka proses pemasangan pun akan langsung dilakukan," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Kalsel pasang listrik gratis bagi warga miskin

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024