Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) menyiapkan pemasangan instalasi listrik gratis berkapasitas 900 Volt Ampere (VA) bersubsidi bagi 500 kepala keluarga (KK) guna meningkatkan rasio elektrifikasi pada empat kabupaten selama 2024.

“Bantuan sosial ini adalah salah satu program unggulan pada 2024 yang dikhususkan bagi rumah tangga pra sejahtera,” kata Sekretaris Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalsel Suhirman di Banjarbaru, Rabu.

Baca juga: Dirut: Perusda Baratala tidak bisa beroperasi karena terkendala RKAB

Dia menyebutkan pemasangan instalasi listrik gratis dilaksanakan pada empat kabupaten, yakni Banjar, Barito Kuala, Tanah Laut, dan Hulu Sungai Tengah (HST).

“Program ini mulai dikerjakan pada awal tahun 2024 setelah melalui tahapan pemberkasan,” ujarnya.

Suhirman mengharapkan program unggulan pemerintah daerah itu meningkatkan rasio elektrifikasi di Kalimantan Selatan.

Selain itu, program bantuan sosial tersebut juga sebagai upaya untuk menekan angka kemiskinan ekstrem di Kalimantan Selatan khususnya di empat kabupaten yang dipasang listrik secara gratis.

Baca juga: DLH Tapin laporkan temuan sumur gas alam ke ESDM Kalsel

Dia menjelaskan kategori keluarga pra sejahtera penerima bantuan sosial pemasangan listrik mengacu kepada Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 Tahun 2022 tentang Bantuan Pasang Baru Listrik Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu.

Pada 2023, Pemprov Kalsel telah memasang instalasi listrik secara gratis berkapasitas 900 Va kepada 800 KK yang tersebar di empat kabupaten, yakni Banjar, Barito Kuala, Tanah Laut, dan Hulu Sungai Selatan.

“Kami berharap program ini segera tuntas untuk membantu rumah tangga pra sejahtera,” ujarnya lagi.

Baca juga: Pemprov Kalsel pasang listrik gratis bagi warga miskin

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024