Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) memastikan pembangunan Tugu Nol Kilometer di Banjarmasin akan selesai tempat waktu sesuai dengan kontrak kerja pada Desember 2024.

"Progres pembangunannya sudah mencapai 83 persen dan ikon Kalsel tersebut dipastikan bisa selesai tepat waktu," ucap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalsel Ahmad Solhan di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Pemprov Kalsel: Bangunan Tugu berlantai 99 capai 70 persen

Saat ini, Solhan mengatakan pembangunan Tugu Nol Kilometer sudah masuk tahap pemasangan rangka atas dengan lapisan luar berbahan Aluminium Composite Panel (ACP).

Tinggi bangunan Tugu Nol Kilometer mencapai 99 meter. Namun yang bisa dinaiki pengunjung nantinya hanya di ketinggian 66 meter.

Selain itu, Pemprov Kalsel akan menyediakan stan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan plaza di dalam maupun sekitar tugu.

Baca juga: Waket DPRD Banjarbaru apresiasi pembangunan tugu titik nol kilometer

"Untuk bangunan utama tinggal 17 persen. Sedangkan bangunan di halaman seperti UMKM dan plaza sudah tahap finishing,” ujar Solhan didampingi Kabid Cipta Karya Yulianti Erlynah dan Kepala Seksi Tata Bangunan Syamsul Bahri usai meninjau pembangunan tersebut.

Kepala Dinas PUPR Kalsel berharap Tugu Nol Km ini bisa menjadi ikon baru di Kalsel terutama Kota Banjarmasin yang dikenal sebagai "Kota Seribu Sungai" dan bisa menjadi objek wisata baru.

"Keberadaan Tugu Nol Kilometer ini bisa menjadi ikon baru Kalsel, khususnya bagi Kota Banjarmasin," kata Ahmad Solhan.

Baca juga: Waket DPRD Banjarbaru apresiasi pembangunan tugu titik nol kilometer

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024