Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Hermansyah menekankan agar Tim Penggerak Pembina Keluarga Keluarga (TP PKK) setempat mengembangkan program daerah atau kearifan lokal.

Hermansyah menyampaikan hal itu saat menghadiri puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 di Pendopo Bupati HSS, Kandangan, Selasa.

Baca juga: "Acil Odah" resmikan Kampung Anggrek saat Hari Keanekaragaman hayati

Hermansyah didampingi Ketua TP PKK HSS Rusnawati Hermansyah memperingati HKG 2024 bertemakan “Bergerak bersama PKK, wujudkan keluarga sejahtera menuju Indonesia maju”.

Hermansyah menuturkan peringatan HKG harus meningkatkan semangat kreasi serta kreatifitas dalam pemberdayaan keluarga dan mewujudkan peranan TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah yang strategis lewat pelaksanaan 10 Program Pokok PKK.

Pada peringatan tersebut dirangkai perlombaan desain Sasirangan serta Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

"Dengan peringatan tahun ini, saya mengajak segenap kader PKK agar dapat terus melaksanakan evaluasi, serta penyesuaian pelaksanaan program PKK di setiap tingkatan," ucapnya.

Baca juga: Ratusan peserta meriahkan Jambore Kader Posyandu 2024

Dijelaskan dia, tema HKG PKK ke-52 sebagai salah satu upaya untuk terus mewujudkan keluarga yang sejahtera demi mewujudkan Indonesia maju.

Lebih lanjut, dirinya juga mengatakan gerakan PKK memerlukan sinergi dan kebersamaan seluruh kader PKK pada segala jenjang.

"Dan tantangan kita ke depan akan semakin beragam dan kompleks, sehingga diperlukan komitmen seluruh kader PKK untuk sama-sama mempersiapkan diri menjawab tantangan tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK HSS Rusnawati Hermansyah menyatakan program PKK harus senantiasa sejalan dengan program pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Baca juga: Posyandu Flamboyan Gambah Luar wakili HSS lomba tingkat provinsi

Melalui 10 Program Pokok PKK, TP PKK menjadi motor utama menggerakkan kader dan menjalin koordinasi serta sinergi dengan para pemangku kebijakan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan lembaga non pemerintah dengan sesuai peraturan.

Rusnawati mengungkapkan gerakan PKK  merupakan gerakan masyarakat yang tumbuh dari bawah dengan prinsip kerja partisipatif.

Melalui Gerakan PKK, peran aktif segenap lapisan masyarakat dalam pembangunan ikut digalang dan ditingkatkan.

"Sehingga diharapkan dapat lebih merata dan berkualitas dalam memikul beban dan tanggung jawab pembangunan, maupun dalam menikmati hasil pembangunan itu sendiri," ungkapnya.

Turut hadir, pengurus PKK kabupaten dan kecamatan, forkopimda, staf ahli, asisten, kepala perangkat daerah lingkup Pemkab HSS, camat se-HSS, serta organisasi wanita Kabupaten HSS.

Baca juga: Pasar murah Pemkab HSS tekan inflasi dan kendalikan harga bahan pokok

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024