Ratusan peserta memeriahkan Jambore Kader Posyandu 2024 yang dibuka Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Hermansyah didampingi Pj Ketua TP PKK HSS Rusnawati Hermansyah.

Pj Bupati HSS dan Pj Ketua TP PKK HSS melepaskan balon saat membuka Jambore Kader Posyandu sebagai lambang harapan untuk terus meningkatkan kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat di HSS.

"Saya mengapresiasi gelaran kegiatan ini, jambore menjadi salah satu upaya agar para kader kita mendapat berbagai ilmu dasar," kata Hermansyah di Kandangan, Selasa.

Baca juga: Posyandu Flamboyan Gambah Luar wakili HSS lomba tingkat provinsi

Dijelaskan dia, ilmu dasa tersebut terkait penyelenggaraan posyandu dan pengembangan kompetensi karena kader posyandu merupakan garda terdepan untuk meneruskan program kesehatan kepada masyarakat.

Potensi kader melalui wahana jambore menjadi kekuatan yang luar biasa, mencapai target dari bagaimana penanganan awal tentang kesehatan kepada warganya.

"Dan dapat mengikat tali silaturahmi antara warga satu dengan warga yang lain, serta meningkatkan kesehatan masyarakat kita di wilayah kerja posyandu masing-masing,” ungkapnya.

Selain menjalin silaturahmi dan memberikan motivasi, kegiatan ini diadakan guna peningkatan kemampuan kader posyandu dalam komunikasi antar personal, mengajak masyarakat berperilaku positif terhadap kesehatan.

Baca juga: Pasar murah Pemkab HSS tekan inflasi dan kendalikan harga bahan pokok

Serta, mampu membantu petugas kesehatan dalam memberikan layanan kesehatan dasar di posyandu, dan mampu melakukan kunjungan rumah dalam rangka pemantauan wilayah setempat.

Adapun peserta dari kegiatan ini berjumlah kurang lebih 608 orang, yang merupakan para kader posyandu dari seluruh kecamatan dan desa yang ada di Kabupaten HSS.

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan HSS, Kepala Diskominfo HSS, Kepala Disdikbud HSS, Plt Kepala Dinas PPKBPPA, dan perwakilan dinas terkait, Ketua TP PKK Kecamatan se-HSS, para kepala puskesmas, dan kader PKK.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024