Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan meluncurkan inovasi "Kayuh Baimbai" untuk memaksimalkan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan masyarakat setempat. 

Camat Tanjung N Wirahadikusuma  mengatakan inovasi ini tercetus  lantaran realisasi PBB Kecamatan Tanjung masih rendah.

Baca juga: Lima kecamatan di Tabalong terima bantuan pompanisasi

"Realisasi PBB 2022 hingga 2023 kenaikannya hanya sebesar 5,58 persen karena itu inovasi Kayuh Baimbai dibentuk guna mendongkrak penerimaan PBB  ," jelas Wirahadikusuma di Tabalong, Selasa.

Selanjutnya, inovasi ini akan  diterapkan terlebih dulu di Kelurahan Jangkung karena penerimaan PBB rendah sekaligus sebagai percontohan.

Selain itu kehadiran inovasi ini tujuan jangka panjang dapat  meningkatnya realisasi target penerimaan PBB Kecamatan Tanjung dan PAD Tabalong.

Baca juga: Pemkab Tabalong beri penghargaan atlet NPC berprestasi

Ia membeberkan inovasi ini juga untuk mengoptimalkan pemanfaatan sampah  menjadi nilai ekonomis sehingga melalui hasilnya  dapat digunakan untuk pembayaran PBB.

"Capaian yang diraih Kelurahan Jangkung nantinya  menjadi percontohan dan hasil pemilahan  sampah dapat dikirim  ke bank sampah," tambahnya.

Sehingga dapat meringankan beban masyarakat dalam membayar PBB sekaligus meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Tabalong.

Wira juga menyampaikan pada Mei ini pihaknya sudah melaksanakan gotong royong mengumpulkan sampah untuk dijual ke bank sampah.

"Alhamdulillah, hasil pemilahan sampah saldo di bank sampah yang terkumpul  mencapai  Rp525 ribu," jelas Wira. 

Sebelumnya peluncuran inovasi "Kayuh Baimbai" ini dipimpin Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah dan berharap inovasi ini bisa mendongkrak penerimaan PBB lingkup Kecamatan Tanjung.

"Kami berharap seluruh desa dan kelurahan bisa menerapkan inovasi ini sebagai upaya meningkatkan penerimaan PBB," jelas Hamida. 

Baca juga: Sempat buang barbuk, Polisi tangkap warga bawa 1,64 gram pil terlarang

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024