Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah (HST) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyebutkan rekrutmen atau penerimaan personel komponen cadangan (Komcad) matra darat 2024 yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan (Ditjen Pothan) Kementerian Pertahanan RI bukan program wajib militer.

Komandan Kodim 1002/HST Letkol Inf Fery Perbawa di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Selasa, mengatakan penerimaan Komcad matra darat 2024 merupakan program sukarela atau tidak wajib yang diamanatkan oleh Undang Undang RI Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

Baca juga: Dandim 1002/HST pamit diwarnai penanganan banjir hingga COVID-19

“Setelah lulus seleksi, dilatih, dan ditetapkan sebagai Komcad, mereka kembali kepada masyarakat sesuai profesi masing-masing dengan status sebagai orang sipil,” ujarnya usai pelaksanaan sosialisasi Rekrutmen Komcad Matra Darat 2024.

Dia menyebutkan, Komcad adalah sumber daya nasional yang disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama dalam bidang pertahanan, yaitu TNI.

“Komcad terbagi menjadi empat, yakni bidang sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya buatan, serta bidang sarana dan prasarana. Semuanya dipersiapkan untuk bisa dimanfaatkan ketika negara dalam kondisi darurat militer atau bencana alam,” tutur Fery.

Ia menjelaskan mobilisasi Komcad hanya dapat dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR RI untuk kepentingan pertahanan negara.

Baca juga: Pisah sambut Dandim 1002/Hulu Sungai Tengah

Fery mengungkapkan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, Komcad merupakan aplikasi dari sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (sishankamrata) atau sistem yang disusun berdasarkan falsafah UUD 1945 dengan tujuan mewujudkan ketahanan nasional Indonesia yang merupakan strategi pertahanan negara.

Karena itu, kata dia, dalam sosialisasi yang digelar Kodim 1002/HST menekankan kepada peserta bahwa Indonesia membutuhkan generasi penerus dan berkarakter kuat yang berwawasan kebangsaan.

“Sosialisasi rekrutmen Komcad diikuti lebih dari 50 peserta, kita harapkan ini menjadi semangat awal generasi muda untuk terlibat mengabdi kepada bangsa dan negara,” ujar Fery.

Wilayah Kodam VI/Mulawarman membuka sebanyak 1.000 rekrutmen Komcad matra darat 2024, pendaftaran dimulai pada 1 Mei-7 Juni 2024.

Pendaftaran dilakukan secara daring oleh calon Komcad melalui situs https://komcad.kemhan.go.id/, selanjutnya dilakukan seleksi terdiri atas tes administrasi dan tes kemampuan, dilanjutkan dengan seleksi di Resimen Induk Kodam (Rindam) VI/Mulawarman.

Baca juga: Jokowi ke Kalsel, Kodim 1002/HST bantu pengamanan

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024