Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan (Kemenkumham Kalsel) dan Polda Kalsel bersinergi menjadikan lembaga pemasyarakatan (Lapas) serta rumah tahanan (Rutan) sebagai salah satu titik sambang kontrol setiap patroli yang dilakukan polres setempat.

"Patroli ini penting sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini gangguan keamanan di Lapas," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel Taufiqurrakhman di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Kemenkumham Kalsel tunjukan semangat kebangkitan kedua menuju Indonesia emas

Dia menyatakan patroli sambang lapas itu dapat semakin meningkatkan sinergitas dan kolaborasi Kemenkumham dengan kepolisian di seluruh wilayah Kalsel dalam upaya penegakan dan pembinaan hukum.

Taufiqurrakhman menyebut pelaksanaan tugas dan fungsi Kemenkumham dan Kepolisian saling beririsan, terutama dalam penegakan hukum dan pelayanan kepada masyarakat.

Di antaranya mencakup bidang pemasyarakatan, pengawasan orang asing dalam bidang keimigrasian, serta pelayanan hukum seperti kekayaan intelektual, administrasi hukum umum, penyuluhan hukum, dan pemenuhan hak asasi manusia.

Baca juga: Kemenkumham Kalsel perkuat kemampuan intelijen petugas Pemasyarakatan

Oleh karena itu, dia meminta jajaran Kemenkumham Kalsel agar terus meningkatkan kolaborasi dengan polres dan polsek setempat untuk menjaga situasi keamanan tetap kondusif.

Sementara itu, Kapolda Kalsel Irjen Pol. Winarto menyatakan kepolisian siap setiap saat jika dibutuhkan Kemenkumham Kalsel terlibat mengamankanan dan menegakkan hukum.

"Berkaitan patroli sambang lapas, saya perintahkan kapolres segera berkoordinasi dengan Kalapas agar kegiatan positif ini bisa terlaksana," katanya.

Baca juga: Kemenkumham buka pendaftaran Catar tahun 2024

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024