Penyandang disabilitas dan lanjut usia (lansia) di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selata, menerima bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah daerah setempat.

Kepala Dinas Sosial Tanah Bumbu Liana Hamita di Batulicin Selasa mengatakan, penyaluran bnsos tersebut merupakan standar pelayanan minimal (SPM) dalam bentuk makanan.

"Ya, hari ini Dinsos Tnaah Bumbu telah menyalurkan bansos untuk disabilitas dan lansia di wilayah Kecamatan Batulicin dan Kusan Hilir. Kemudian akan menyusul pula kecamatan lainnya di Tanbu," ucap Liana.

Bansos dalam bentuk makanan tersebut merupakan bentuk kepedulian Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar kepada warganya. Terutama penyandang disabilitas dan lanjut usia yang mengalami kesulitan untuk beraktifitas dikarenakan kondisi fisik yang tidak mendukung lagi.

"Penerima bansos adalah penerima SPM yang termasuk dalam data terpadu kemiskinan (DTKS) berupa permakanan sejak periode 2020," sebutnya.

Liana menambahkan kedepannya Dinas Sosial Tanbu akan bersama-sama dengan Dinas Kesehatan, Puskesmas/Keswa akan langsung ke rumah–rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Untuk mencek Kesehatan jiwa Penyandang Disabilitas dan lanjut Usia.

Karena pada dasarnya layanan SPM bagi Penyandang disabilitas dan lansia terlantar merupakan tanggung jawab banyak Dinas.

"Dalam hal ini,Dinas Sosial membantu kebutuhan dasar permakanan dan sandang. Sedangkan untuk kesehatan merupakan ranah Dinas Kesehatan," terangnya.

Langkah konkret ini, tentunya sejalan dengan visi Pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu di bawah kepemimpinan Bupati Zairullah Azhar. Yakni membangun Tanah Bumbu Maju, Unggul, Mandiri, Religius dan Demokratis .

"Untuk itu di himbau kepada Kepala Desa untuk membantu dan proaktif terkait warga mereka yang memerlukan bantuan sosial. Agar semakin banyak warga yang terlayani," tutupnya.

Pewarta: Tim Redaksi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024