Penjabat (Pj) Bupati Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan Mujiyat meminta, Lomba Ketangkasan Pemadam Kebakaran Bupati Cup digelorakan  setiap tahunnya dan mengundang para tokoh pemadam kebakaran untuk bergabung dan bersatu guna menyelamatkan bangsa dan negara.

"Saya juga mengharapkan dari kegiatan ini bisa membangun jaringan komunikasi antara Kabupaten Batola dengan kabupaten tetangga," ujar Mujiyat, dalam siaran pers disampaikan, Senin.

Mengingat, sebut dia,  peserta kegiatan perlombaan tersebut diikuti lintas kabupaten, sehingga nantinya akan menjadi jaringan komunikasi penuh dengan kebersamaan dan keakraban.

Dia juga mengatakan,  sangat menyambut baik dilaksanakan lomba tersebut.

Terlebih, ungkapnya,  kegiatan kedua kali selama dirinya menjabat melibatkan Damkar di kabupaten tetangga sepert, Kabupaten Tapin dan Kotabaru.

"Kegiatan telah ini memunculkan keakraban dan kebersamaan dan organisasi Damkar ini telah terjalin di berbagai daerah," tuturnya.

Khusus terhadap para peserta lomba, Pj. Bupati Mujiyat turut memberi apresiasi yang tinggi karena selain menjadi pahlawan juga bisa menjadi motivasi bagi generasi untuk mencontoh dan mengikuti sehingga membudaya bagi masyarakat.

Sementara, Kastpol-PP dan Damkar Batola Dahtiar Fajar mengatakan, tujuan digelarnya lomba selain meningkatkan profesionalisme dan kebersamaan juga untuk mengasah keterampilan dan meningkatkan kekompakan antar pemadam. 

Tak kalah penting, lanjutnya, dari kegiatan tersebut untuk meningkatkan kesadaran bagi semua pemadam dan masyarakat dalam memelihara lingkungan, khususnya dari bahaya kebakaran.

Lomba Ketangkasan Pemadam Kebakaran Bupati Cup 2024 dengan total hadiah untuk Putra Rp40 juta dan Putri Rp30 juta tersebut dibuka oleh Penjabat Bupati Batola Mujiyat, di Lapangan Parkir HPS Kecamatan Jejangkit (26/05/224). 

Lomba tersebut meliputi dua kategori, Kelas Alcon 45 Tim Putra (Open Race se-Kabupaten Batola dan Open Race 16 Tim Putri (Lady Fire se-Kalsel). 

Saat membuka acara tersebut Mujiyat didampingi para Forkopimda, pimpinan SKPD, camat, kades se-Kecamatan Jejangkit dan disaksikan ratusan warga masyarakat memadati kawasan lomba.
Satpol PP dan Damkar Batola Menggelar Lomba Ketangkasan Pemadam Kebakaran Bupati Cup 2024, di Lapangan Parkir HPS Kecamatan Jejangkit (26/05/224).(Antara/HO-Diskominfo Batola) p

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024