Puluhan Generasi Z (Gen Z) dari kalangan mahasiswa di Banjarmasin mengikuti sosialisasi literasi keuangan yang diselenggarakan Mandiri Utama Finance (MUF) pada rangkaian MUF Auto Fest 2024, guna mengantisipasi efek media sosial (Medsos).

Kegiatan sosialisasi melalui "talkshow" tersebut mengusung tema “Dampak Media Sosial Terhadap Pengelolaan Keuangan Gen Z, Bagaimana Solusinya?”.

Baca juga: MUF Auto Fest 2024 hadir di Banjarmasin

Elisabeth Lidya Sirait, Corporate Secretary & Legal Deputy Division Head Mandiri Utama Finance di Banjarmasin, Jumat, mengatakan kegiatan sosialisasi literasi keuangan ini sebagai bentuk komitmen Mandiri Utama Finance terhadap peningkatan literasi keuangan di Indonesia.

“Kegiatan ini juga merupakan amanat Peraturan OJK yang mengatur kewajiban penyelenggaraan kegiatan untuk meningkatkan literasi keuangan,” kata Elisabeth.

Elisabeth berharap masyarakat Kalimantan Selatan terutama Banjarmasin dapat mengambil manfaat dari kegiatan tersebut berupa pengetahuan dari narasumber yang kompeten pada bidangnya.

Sementara itu, Operation & Assurance Department Head Mandiri Utama Finance Tawakkal Tawaf Sharia menekankan pengelolaan keuangan sangat penting untuk membantu seseorang mencapai tujuan hidup, seperti para Gen Z yang ingin memiliki kendaraan bermotor untuk belajar, bekerja ataupun berlibur.

“Dengan pengelolaan keuangan yang baik, seseorang bisa mengerti bagaimana setiap keputusan keuangan yang dibuat berdampak ke arah lain dari keseluruhan situasi keuangan dirinya,” terang Tawakkal.

Baca juga: BI Kalsel ajak generasi cintai Sasirangan melalui karya literasi

Kegiatan itu juga memperkenalkan pembiayaan syariah yang dapat menjadi alternatif dalam merealisasikan tujuan atau impian para peserta, termasuk mengenai perbedaan dengan pembiayaan konvensional, manfaat dan risiko dari pembiayaan syariah.  

Kegiatan literasi keuangan itu, dituturkan Tawakkal, tidak hanya sebagai sarana edukasi tapi juga bermanfaat bagi peserta sehingga dapat memprioritaskan kebutuhan pada masa mendatang.

Selain memberikan sosialisasi tentang literasi keuangan, MUF juga memperkenalkan MONA, MUF Online Assistant kepada mahasiswa yang hadir.

MONA dapat diakses kapan pun untuk dapat memberikan layanan konsumen berupa informasi produk dan layanan MUF kepada konsumen secara digital.

MUF Auto Fest 2024 Banjarmasin yang berlangsung pada 22-26 Mei 2024 tersebut menghadirkan berbagai program dan penawaran spesial untuk masyarakat terkait pembiayaan konvensional maupun pembiayaan syariah, seperti bunga atau margin spesial pameran untuk mulai dari 2,00 persen , DP mulai dari 0 persen, pinjaman dana tunai sampai dengan Rp500 juta, dan hadiah "cashback" hingga Rp1 juta.

Baca juga: BI Kalsel bekali penerima beasiswa "GenBI" pendidikan literasi

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024