Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (BI Kalsel) mengajak generasi muda provinsi setempat untuk mencintai produk lokal kain sasirangan melalui Kompetisi Karya Literasi Sasirangan (KKLS) 2023.


KKLS 2023 tersebut merupakan lomba karya berupa penulisan artikel, video jurnalistik, dan audio jurnalistik dengan melibatkan peserta mulai dari jenjang Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), mahasiswa, jurnalis, hingga masyarakat umum.

“Kompetisi ini untuk meningkatkan eksposur komunikasi berupa pemberitaan Sasirangan sebagai kain tradisional khas Kalimantan Selatan,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Kalsel Wahyu Pratomo di Banjarmasin, Senin.

Wahyu menyebutkan selain tujuan pemberitaan media, juga untuk menumbuhkan rasa bangga masyarakat terhadap produk kain sasirangan.

“Kita ingin kain sasirangan berkembang sebagai warisan budaya khas daerah,” ucapnya.

Dia menuturkan produk lain sasirangan memiliki potensi ekonomi kreatif (ekraf) sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi yang baru di Kalsel.

Lebih lanjut, pendaftaran peserta KKLS 2023 dimulai pada 11-10 September mendatang.

Ia memaparkan KKLS 2023 tersebut terbagi sebanyak tujuh kategori, tiga diantaranya berupa penulisan artikel untuk kategori umum, pelajar SLTA, dan mahasiswa.

Sedangkan untuk kategori jurnalis terbagi menjadi empat sub-kategori yakni media cetak, media daring, media televisi, dan media radio. Keempat sub-kategori tersebut dapat mengikuti seluruh rangkaian lomba mulai dari penulisan artikel, video jurnalistik, dan audio jurnalistik.

Syarat dan ketentuan lomba tersebut dapat dibaca melalui akun instragram resmi BI Kalsel @bank_indonesia_kalsel di tautan berikut https://www.instagram.com/p/CxCrs4Fv07D/?img_index=1, sementara untuk formulir pendaftaran dapat diunduh melalui tautan berikut https://bit.ly/KompetisiSasirangan2023.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023