Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan Andi Tenri Sompa mengatakan 780 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) mulai bertugas membantu menyiapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"PPK sudah dilantik oleh KPU kabupaten dan kota se-Kalsel. Mereka langsung bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) mereka," kata Andi Tenri Sompa di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: KPU Kalsel: Caleg terpilih wajib sampaikan LHKPN sebelum pelantikan

Tenri menyebut tugas dan wewenang PPK, antara lain membantu KPU melakukan pemutakhiran data pemilih, daftar pemilih sementara, dan daftar pemilih tetap.

Selain itu, membantu KPU kabupaten/kota dalam menyelenggarakan pemilu ataupun pemilihan serta melaksanakan semua tahapan penyelenggaraannya di tingkat kecamatan.

Ketua KPU Provinsi Kalsel ini menghadiri secara langsung prosesi pelantikan 25 anggota PPK di Kota Banjarmasin dan 100 anggota PPK di Kabupaten Banjar.

Baca juga: 257.144 orang syarat dukungan bagi calon perseorangan Pilgub Kalsel

Ia memberikan penguatan agar PPK bisa menjalankan tugas dengan semangat sebagai abdi negara pejuang demokrasi.

Diharapkan pula bahwa setiap anggota PPK berpegang teguh pada sumpah janji jabatan yang diucapkan serta dapat bertugas dengan baik dan penuh tanggung jawab.

"Harus selalu berpedoman pada asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (luber dan jurdil)," tegasnya.

Baca juga: KPU Kalsel: Pemilihan caleg di Kalsel tanpa sengketa Pemilu

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024