DPRD Kabupaten Barito Utara (Batara) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) uji komparasi ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, Kalimantan Selatan karena mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui perusahaan daerah.
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Mokhamad Hilman di Martapura, Selasa, mengatakan pihaknya menerima kunjungan kerja anggota DPRD Kabupaten Batara.

Baca juga: Pemkab konsisten kembangkan kekayaan dan PAD 2023
 
"Kami bersama Asisten Perekonomian dan Pembangunan perwakilan PTAM Intan Banjar, Dirut Perumda PBB, Baramarta dan PT BPR Martapura Banjar Sejahtera menyambut rombongan DPRD Batara," ujar Hilman.
 
Hilman menjelaskan kepada wakil rakyat Kabupaten Batara terkait langkah pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sehingga mampu meningkatkan PAD.
 
Hilman menuturkan pertemuan itu juga memberikan kesempatan bagi kedua daerah untuk saling belajar dan berbagi informasi maupun juga pengalaman terutama pengelolaan perusahaan daerah.
 
"Kita ketahui bersama sebuah badan usaha sudah semestinya mampu memberikan keuntungan bagi daerah disampaikan sifatnya untuk pelayanan publik sehingga semua itu didiskusikan," ungkap Hilman.
 
Baca juga: DPRD Banjar soroti target PAD

Dikatakan Hilman, keberadaan BUMD sebagai aset daerah tentu harus dipertahankan dan maksimal dalam pelayanan sehingga mampu menghasilkan penerimaan daerah yang menjadi tambahan PAD.
 
Wakil Ketua I DPRD Batara H Permana Setiawan menyebutkan pihaknya berdiskusi terkait masalah peraturan daerah perusahaan daerah dan beberapa kiat pengangkatan atau penerimaan pimpinan perusahaan daerah.
 
"Hal menarik lain yang kami gali adalah keberadaan PT Air Minum Intan Banjar yang menghasilkan keuntungan dan bisa menjadi PAD sehingga mampu menambah pundi penerimaan daerah," kata Permana.
 
Permana menambahkan DPRD Kabupaten Batara juga mendapatkan informasi tentang cara perusahaan daerah di Kabupaten Banjar meraih profit sehingga bisa diterapkan di lingkup Pemkab Batara.
 
Sementara itu, kunjungan DPRD Barata yang dipimpin rombongan Wakil Ketua I DPRD didampingi Asisten III Pemkab Batara Yasser Arafat, Sekwan DPRD Batara Edwin Tuah dan sejumlah anggota fraksi.

Baca juga: Banjar tingkatkan target penerimaan PAD 2019

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024